Kompas TV regional berita daerah

Pasutri Dedikasikan Diri Jadi Relawan Untuk Bantu Orang Dengan Gangguan Jiwa

Kompas.tv - 15 September 2020, 23:08 WIB
Penulis : Herwanto

KUDUS, KOMPAS.TV-

Pasangan suami istri di Kudus, Jawa Tengah, mendedikasikan diri jadi relawan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang banyak ditemukan di jalan. karena keprihatinan mereka keduanya berinisiatif membuat konten di media youtube dan berhasil menemukan para ODGJ ini dengan anggota keluarganya setelah belasan tahun hilang.

Adalah Sukaryo Adi Putra bersama istrinya Heny Mustika Ningati, yang tinggal di desa Singocandi, Kudus, Jawa Tengah, yang menjadi relawan ODGJ. Berbekal pendidikan psikologi yang pernah dipelajari, keduanya bersepakat untuk membantu ODGJ dengan apa yang bisa mereka lakukan.
Berbekal baju, peralatan mandi, serta alat dokumentasi mereka berjalan menyusuri jalan di wilayah Kabupaten Kudus, Pati, dan Jepara untuk mencari ODGJ. Setelah menemukan, biasanya mereka akan mengajak komunikasi dengan memberi makan serta dimandikan. 
Karena kebanyakan ODGJ bukan orang asli daerah setempat, mereka akhirnya berinisiatif membuat konten melalui media youtube yang diberi nama sinau urip, untuk mendokumentasikan kegiatannya. Mereka biasanya berbagi peran, bila Adi yang mengajak komunikasi ODGJ, maka istrinya bertugas mengambil dokumentasi dengan kamera ponsel. Begitu pula sebaliknya.

Konten Youtube pasangan ini disambut baik masyarakat. Banyak warga yang simpati dengan konten tersebut dan membantu mencarikan anggota keluarganya. Tak jarang setelah video diunggah, ada anggota keluarga yang langsung menghubungi untuk bisa temukan ODGJ yang sudah hilang belasan tahun.

Menurut Adi, ia berhasil menemukan identitas dan alat lengkap ODGJ dan sebelas diantaranya berhasil dipertemukan dengan anggota keluarganya yang sudah mencarinya belasan tahun. 
Dengan konten sinau urip pasangan suami istri ini berharap bisa memanusiakan manusia dan mengedukasi masyarakat bahwa ODGJ adalah manusia yang mempunya hak yang sama seperti yang lain. Mereka juga mempunyai impian untuk memiliki panti rehabilitasi buat ODGJ jalanan agar mereka benar benar tertangani dengan baik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x