Kompas TV video cerita indonesia

Sosok Jakob Oetama di Mata Direktur Corporate Communication Kompas Gramedia

Kompas.tv - 9 September 2020, 20:54 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama, meninggal dunia pada usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020).

Dr (H.C) Jakob Oetama, lahir di Borobudur, Magelang, 27 September 1931, adalah wartawan dan salah satu pendiri Surat Kabar Kompas.

Jakob Oetama menerima Doktor Honoris Causa di bidang komunikasi dari Universitas Gadjah Mada dan penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973.

Jakob adalah putra seorang pensiunan guru di Sleman, Yogyakarta. Karir jurnalistik Jakob dimulai ketika menjadi redaktur Mingguan Penabur tahun 1956 dan berlanjut dengan mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama P.K. Ojong, yang mungkin diilhami majalah Reader's Digest dari Amerika.

Direktur Corporate Communication Kompas Gramedia Rusdi Amral, mengenang Jakob Oetama sebagai cerminan sosok seorang guru.

"Ya tentu beliau selalu mencerminkan sosok sebagai guru karena memang latar belakangnya adalah seorang guru. Dan guru itu juga menyebarkan nilai-nilai tentunya", ujar Rusdi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x