Kompas TV video cerita indonesia

Organisasi di Garut Ganti Lambang Negara dan Buat Uang Sendiri

Kompas.tv - 8 September 2020, 22:53 WIB
Penulis : Theo Reza

GARUT, KOMPASTV - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat dibuat heboh setelah adanya permohonan izin dari sebuah organisasi yang mengganti lambang negara Indonesia Garuda Pancasila dengan merubah kepala burung garuda menghadap ke depan dan diatas kepala terpasang mahkota.

Setelah meluasnya kabar mengenai adanya salah satu organisasi di Garut, Jawa Barat yang mengganti lambang negara indonesia garuda pancasila.

Jajaran pemerintahan Kabupaten Garut yang diwakili oleh badan kesatuan bangsa dan politik atau Bakesbangpol bersama TNI Polri juga pihak kejaksaan negeri Garut melakukan rapat tertutup di kantor Bakesbangpol Kabupaten Garut.

Organisasi itu membuat geger publik lantaran selain merubah posisi kepala burung garuda juga menambah kalimat soenata logawa pada semboyan Bangsa Indonesia bhinneka tunggal ika.

Organisasi ini juga membuat mata uang sendiri dengan gambar pimpinan organisasi.

Tak hanya itu, Ketua Organisasi Kandang Wesi Tunggul Rahayu yang bernama Mr. Prof. Ir. Cakraningrat alias Sutarman ternyata diduga gelar palsu.

Kepala Garut Bakesbangpol Wahyudijaya  mengaku pihaknya memang sebelumnya kedatangan salah satu pengurus dari organisasi itu dan meminta Pemkab Garut untuk mencatat organisasi Kandang Wesi Tunggul Rahayu di Pemkab Garut namun ketika ditanya mengenai izin dan legalitas ternyata mereka tak mengantongi legalitas apapun dan dibuat kaget saat memeriksa lambang organisasi tersebut berbentuk garuda pancasila yang diubah.

Untuk itu pihaknya menyikapi persoalan ini secara hukum karena menyangkut ideologi bangsa.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x