Kompas TV nasional sapa indonesia

Fenomena Calon Tunggal di Pilkada Serentak 2020

Selasa, 8 September 2020 | 21:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fenomena kemunculan calon tunggal, sejauh ini banyak terjadi di sejumlah daerah, jelang pelaksanaan Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang.

Seperti yang terjadi di Wonosobo, Jawa Tengah. Hingga hari terakhir pendaftaran bakal pasangan calon, hanya ada satu yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum, yakni pasangan Afif Nur Hidayat - Muhammad Albar.

Pasangan ini, diusung oleh tujuh partai yang duduk di DPRD. Antara lain PDI Perjuangan, PKB, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, PAN, dan Partai Demokrat.

Baca Juga: Paslon Tunggal VS Kotak Kosong di Pilkada 2020

Bakal pasangan calon tunggal lainnya, ada di kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Pasangan Rahmat Masud Tohari Aziz didukung 10 Parpol yang memiliki 40 kursi, dari total 45 kursi di DPRD.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan, tidak ada aturan yang melarang pelaksanaan Pilkada dengan hanya satu pasangan calon.

Namun, untuk perbaikan proses demokrasi Pilkada ke depannya, pemerintah akan selalu membuka pintu diskusi kepada semua pihak.

Baca Juga: Pilkada Saat Pandemi Covid-19, Gubernur NTB: Patuhi dan Perhatikan Protokol Kesehatan

Perkumpulan untuk pemilu dan demokrasi, perludem, mengutarakan, fenomena pasangan calon tunggal, bisa saja disebabkan karena adanya praktik mahar politik.

Perludem pun khawatir, pelaksanaan pilkada di tengah pandemi corona, akan memperburuk situasi Pilkada dengan pasangan calon tunggal, melawan kotak kosong.

Kendati bakal pasangan calon tunggal banyak muncul di berbagai daerah, publik masih tetap bisa menjadi penentu. Pasangan calon tunggal, atau justru kotak kosong yang memenangi Pilkada.
 

Editor : Merlion Gusti



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Begal Cabul Diamuk Warga

Selasa, 20 Oktober 2020 | 20:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:41
NASA DAN NOKIA BERENCANA BANGUN JARINGAN 4G DI PERMUKAAN BULAN   UNGGAH SWAFOTO SAAT DEMO DI THAILAND BISA DIANCAM HUKUMAN 2 TAHUN PENJARA   SATGAS COVID-19 SEBUT PEMBATASAN MOBILITAS WARGA EFEKTIF TEKAN PENULARAN DAN KEMATIAN AKIBAT KORONA    PEMKAB MAGETAN, JATIM, BELI 1 UNIT MOBIL PCR MELALUI PENGADAAN DANA APBD SEHARGA RP 4 MILIAR   BUPATI BANYUMAS SEBUT GURU AKAN DITES USAP SECARA ACAK DALAM UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA DI 3 SEKOLAH   TIGA SEKOLAH DI BANYUMAS, JATENG, MULAI UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DALAM PEKAN INI   KPK LIMPAHKAN BERKAS 3 MANTAN PIMPINAN DPRD JAMBI ATAS KASUS SUAP RAPBD KE PENUNTUTAN AGAR SEGERA DISIDANGKAN   BNPB BERHARAP PEMERINTAH DAERAH ALOKASIKAN DANA DARI APBD UNTUK MERAWAT SUNGAI   MENKOP DAN UKM TETEN MASDUKI: SERTIFIKASI HALAL BISA TINGKATKAN OMZET PENJULAN UMKM   WAMEN BUMN KARTIKA WIRJOATMODJO PREDIKSI PENYALURAN KREDIT PERBANKAN AKAN MULAI BANGKIT PADA KUARTAL IV-2020   STASIUN MRT JAKARTA BUNDARAN HI TELAH DIBUKA KEMBALI DAN LAYANI PERJALANAN MALAM SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   BLOKADE KAWAT DURI DI JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, JAKARTA PUSAT, DIBUKA SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   MENLU RETNO DAN MENLU JEPANG AKAN BAHAS SECARA DETAIL SOAL PEMBUKAAN PERJALANAN BISNIS KEDUA NEGARA DI TENGAH PANDEMI   PRESIDEN JOKOWI DAN PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA SEPAKAT BUKA PERJALANAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI KORONA