Kompas TV nasional sapa indonesia

Jawaban Kemenhan Soal Tiongkok Bangun Pangkalan Militer di Indonesia

Kompas.tv - 7 September 2020, 23:40 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa hari terakhir muncul pemberitaan mengenai rencana Tiongkok untuk membangun pangkalan militer yang baru di Indonesia.

Hal ini bermula dari laporan yang dirilis oleh departemen pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon yang menyebut bahwa Tiongkok sedang membangun kekuatan baru di sekitar wilayah laut China Selatan.

Sebelumnya pada  Agustus tahun 2017 lalu, Tiongkok telah resmi membuka pangkalan militernya yang pertama di luar zona Tiongkok.

Pangkalan militer itu berada di benua Afrika, yakni di negara Republik Djibouti.

Pangkalan militer ini hingga kini masih menjadi satu-satunya pangkalan militer Tiongkok yang berada di luar negeri.

Sementara itu dari laporan yang dirilis oleh Pentagon dalam website defense.gov, Tiongkok disebut menargetkan sejumlah wilayah di Asia Tenggara untuk dijadikan sebagai pangkalan militernya.

Wilayah itu diantaranya adalah Myanmar, Thailand, Singapura dan juga Indonesia.

Untuk membahasnya, simak dialog bersama dengan Juru Bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (KABAIS) Soleman Ponto, serta Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDIP Tb Hasanuddin.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.