Kompas TV entertainment film

Aktivis Hong Kong Serukan Boikot Film Mulan, Ada Apa?

Kompas.tv - 7 September 2020, 17:29 WIB
aktivis-hong-kong-serukan-boikot-film-mulan-ada-apa
Cuplikan Liu Yifei dalam teaser film Mulan (Sumber: Youtube/Walt Disney Studios)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengumuman film Mulan awalnya mendapat reaksi positif hampir dari seluruh belahan dunia. Namun hal itu langsung berubah ketika Aktris Liu Yifei melakukan hal yang tidak terduga.

Dikutip dari Washington Post, Liu Yifei menulis sebuah status di media sosial Tiongkok, Weibo, jika dirinya mendukung aksi Kepolisian Hong Kong yang mendapat kritik dari komunitas internasional karena menggunakan kekerasan terhadap Demonstran Pro-Demokrasi yang menolak penetapan undang-undang keamanan baru.

Para aktivis pro-demokrasi di Hong Kong, Thailand, dan Taiwan menyerukan boikot untuk film Mulan.

"Karena Disney tunduk kepada Beijing dan karena Liu Yifei secara terbuka dan bangga mendukung kebrutalan polisi di Hong Kong, saya mendorong semua orang yang percaya pada hak asasi manusia untuk #BoycottMulan," bunyi twit dari Joshua Wong, aktivis pro-demokrasi Hong Kong.

Baca Juga: Bintang Film Mulan, Crystal Liu Lahir di Wuhan

Dilansir dari NBC News, Senin (7/9/2020), pihak Disney dan Liu Yifei belum memberikan tanggapan terhadap seruan pemboikotan film Mulan ini.

Film Mulan sendiri kini sudah bisa dinikmati dengan berlangganan Disney+ dan membayar biaya tambahan. Hanya saja, film garapan sutradara Niki Caro ini baru bisa ditonton di beberapa wilayah negara tertentu, tidak termasuk Indonesia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x