Kompas TV regional berita daerah

Pandemi, UMKM Efektif Pasarkan Produk Lewat Medsos

Senin, 7 September 2020 | 16:02 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Salah satu UMKM yang mengalami dampak dari wabah corona ini adalah UMKM bandeng presto milik Petrus Sugiyanto, warga Krobokan, Kota Semarang. Selama pandemi ini, usaha Petrus mengalami penurunan pendapatan hingga 90 persen. Jumlah pembeli yang datang setiap harinya bisa di hitung dengan jari.

Karena sepi, Petrus tidak berani membuat bandeng presto dalam jumlah banyak. Ia hanya membuat berdasarkan pesanan saja. Agar bertahan hidup, warga Krobokan ini kemudian memutar otak supaya produknya tetap laku, ditengah menurunnya daya beli masyarakat. Petrus kemudian memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya.

Diakuinya, untuk saat ini penjualan dengan cara online sangat efektif, dibanding harus menunggu pembeli yang datang. Bahkan jika ada pembeli yang membeli dalam jumlah banyak, maka ia rela mengantar pesanan tersebut sampai ke tangan pembeli.

Selain medsos peran teman atau kolega juga sangat penting. Biasanya mereka membantu untuk menawarkan atau mengenalkan produk ke calon pembeli lain.

Dwi mengaku sudah lama mengenal Petrus Sugiyanto sebagai pemilik usaha bandeng presto. Bahkan ia sering kali mempromosikan produk tersebut meski tanpa diberi upah. Menurutnya, membantu teman di tengah pandemi harus dilakukan agar UMKM tetap berdiri dan berkembang di masa sulit ini.

#UMKM #BandengPresto #MediaSosial

 

 

 

 

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:47
KKP SEBUT TELAH MELATIH 47.000 ORANG DALAM SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN SEPANJANG 2020   SATGAS COVID-19 INDRAMAYU TERBITKAN ATURAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PILKADA 2020   BPOM SEBUT TAK KESAMPINGKAN ASPEK KEAMANAN, KHASIAT, DAN MUTU DALAM PEMBERIAN PERSETUJUAN VAKSIN COVID-19   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA (NU) KEMBANGKAN UMKM   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA (NU) SEBARKAN AJARAN ISLAM MODERAT    SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI    CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   PERIKSA WISATAWAN, PEMPROV JAWA BARAT SIAGAKAN 54 TITIK TES CEPAT SELAMA LIBUR PANJANG    PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   LIBUR PANJANG, DINAS PARIWISATA MAGETAN PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DI LOKASI WISATA   MENAG AJAK UMAT ISLAM PERBANYAK SELAWAT PADA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW   MAULID NABI MUHAMMAD SAW, PRESIDEN JOKOWI: KETELADANAN NABI MEMANDU MEMBANGUN INDONESIA MAJU   MENLU AS MIKE POMPEO YAKINKAN MASYARAKAT INDONESIA BAHWA PANDEMI COVID-19 DAPAT DILALUI BERSAMA   BUPATI BOGOR ADE YASIN TERIMA PENGHARGAAN PEREMPUAN PEJUANG DI MASA PANDEMI COVID-19 DARI KNPI PROVINSI JABAR