Kompas TV regional berita daerah

Pandemi, UMKM Efektif Pasarkan Produk Lewat Medsos

Kompas.tv - 7 September 2020, 16:02 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Salah satu UMKM yang mengalami dampak dari wabah corona ini adalah UMKM bandeng presto milik Petrus Sugiyanto, warga Krobokan, Kota Semarang. Selama pandemi ini, usaha Petrus mengalami penurunan pendapatan hingga 90 persen. Jumlah pembeli yang datang setiap harinya bisa di hitung dengan jari.

Karena sepi, Petrus tidak berani membuat bandeng presto dalam jumlah banyak. Ia hanya membuat berdasarkan pesanan saja. Agar bertahan hidup, warga Krobokan ini kemudian memutar otak supaya produknya tetap laku, ditengah menurunnya daya beli masyarakat. Petrus kemudian memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya.

Diakuinya, untuk saat ini penjualan dengan cara online sangat efektif, dibanding harus menunggu pembeli yang datang. Bahkan jika ada pembeli yang membeli dalam jumlah banyak, maka ia rela mengantar pesanan tersebut sampai ke tangan pembeli.

Selain medsos peran teman atau kolega juga sangat penting. Biasanya mereka membantu untuk menawarkan atau mengenalkan produk ke calon pembeli lain.

Dwi mengaku sudah lama mengenal Petrus Sugiyanto sebagai pemilik usaha bandeng presto. Bahkan ia sering kali mempromosikan produk tersebut meski tanpa diberi upah. Menurutnya, membantu teman di tengah pandemi harus dilakukan agar UMKM tetap berdiri dan berkembang di masa sulit ini.

#UMKM #BandengPresto #MediaSosial

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x