Kompas TV regional kesehatan

Unesa Buat Robot Kece Bantu Tenaga Medis Tangani Pasien Covid-19

Kompas.tv - 6 September 2020, 05:45 WIB
unesa-buat-robot-kece-bantu-tenaga-medis-tangani-pasien-covid-19
Tim Robot Kece dari Universitas Negeri Surabaya melakukan uji coba fungsi robot seperti mendeteksi suhu tubuh dan komunikasi jarak jauh melalui layar monitor. (Sumber: KompasTV/Yudha Fury)
Penulis : Johannes Mangihot

SURABAYA, KOMPASTV - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menciptakan robot yang dapat membantu tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

Robot yang dinamakan Kece ini sebagai perhatian Unesa kepada tenaga kesehatan yang saat ini banyak terpapar Covid-19 saat menangani pasien positif.

Robot Kece karya anak bangsa ini merupakan generasi kedua. Kece diyakini mampu membantu tugas tenaga medis di rumah sakit. Seperti mengantarkan alat medis makanan dan minuman pasien hingga relaksasi pasien.

Baca Juga: Raisa, Si Robot Perawat Untuk Bantu Tangani Pasien Covid-19

Rektor Unesa Surabaya Prof. Dr. Nurhasan menjelaskan dalam Robot Kece merupakan singkatan dari kreatif energik cakap dan elegan. Robot tersebut mampu mendeteksi suhu tubuh dengan jarak 5 meter dan dilengkapi dengan musik sebagai terapi bagi pasien maupun tenaga medis.  

“Terapi musik disesuaikan dengan permintaan dan kesenangan pasien maupun tugas medis,” ujar Nurhasan saat uji coba Robot Kece di Unesa, Sabtu (5/9/2020).

Selain dapat mendeteksi suhu tubuh dan sebagai alat terapi, pada Robot Kece juga memiliki fitur oximeter wireless, alat untuk mengukur tingkat oksigen dalam tubuh pasien.

“Oximeter ini penting karena ini permintaan dari teman-teman dokter agar bisa mendeteksi lebih awal,” ujar Nurhasan.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, UNDIP Gelar Wisuda Pakai Robot

Tak hanya sebatas itu, Robot dapat mengantarkan alat medis, makanan serta melakukan sterilisasi ruangan pasien Covid-19. Pasien dan tenaga medis dapat berkomunikasi melalui monitor yang ada di Robot Kece.

Komunikasi berbasis video yang didukung jaringan internet melalui WiFi sehingga mengurangi risiko tenaga medis terpapar virus saat berinteraksi dengan pasien Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x