Kompas TV regional berita daerah

Salut! Pasutri Pahlawan Orang Gangguan Jiwa Telantar

Kompas.tv - 5 September 2020, 15:00 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Pasangan suami istri di Kudus, Jawa Tengah, mendedikasikan diri sebagai sukarelawan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ yang telantar di jalanan.

Karena keprihatinannya, keduanya berinisiatif membuat konten di YouTube dan berhasil mempertemukan para orang dengan gangguan jiwa dengan anggota keluarganya, bahkan ada yang belasan tahun hilang.

Sukaryo Adi Putra bersama istrinya Heny Mustika yang tinggal di Desa Singocandi, Kudus, Jawa Tengah ini memutuskan untuk menjadi sukarelawan orang dengan gangguan jiwa ODGJ.

Berbekal baju dan peralatan mandi serta alat dokumentasi, mereka berjalan menyusuri jalan di area Kabupaten Kudus, Pati, dan Jepara mencari ODGJ.

Setelah menemukan, biasanya mereka akan mengajak komunikasi dengan memberi makan dan bahkan memandikan ODGJ hingga bersih.

Orang dengan gangguan jiwa yang ditemukan biasanya bukan warga asli setempat.

Sukaryo dan istri pun membuat konten di YouTube yang diberi nama Sinau Hurip. Dari konten YouTube itulah, banyak ODGJ yang akhirnya ditemukan anggota keluarganya setelah menghilang selama belasan tahun.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.