Kompas TV nasional berita kompas tv

Vaksin Corona Buatan Indonesia Mulai Tahap Uji Coba pada Hewan

Kompas.tv - 4 September 2020, 18:31 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah siapkan tempat khusus untuk isolasi mandiri bagi pasien covid-19. Hal ini dilakukan, karena tren covid-19 di Jakarta, terus meningkat. Tower 4 dan Tower 5, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, disiapkan oleh pemerintah untuk merawat pasien tanpa gejala.

Hal ini disampaikan, oleh Ketua Satgas Penanganan covid-19, Doni Monardo, saat melakukan kunjungan ke rsd wisma atlet, kemayoran jakarta.

Kapasitas 2 tower yang disiapkan, dapat menampung 4.000 lebih pasien covid-19. Di Bandung, Jawa Barat, hari ini uji klinis tahap tiga vaksin sinovac kembali dilanjutkan.

Sejak pukul 8 pagi, calon relawan sudah berdatangan ke Balai Kesehatan Unpad di Jalan Dipatiukur Kota Bandung. Targetnya, ada 226 calon relawan yang akan mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Sejak 11 Agustus lalu sudah ada 248 relawan yang divaksinasi. Hingga saat ini, tidak ada keluhan efek samping dari relawan yang sudah mendapatkan suntikan.

Menteri Riset dan Teknologi yang juga Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro menyebut saat ini pengembangan vaksin merah putih berada dalam tahap persiapan uji coba pada hewan. 

Uji coba vaksin ke sel mamalia ini ditargetkan rampung akhir tahun 2020.

Bambang menargetkan uji klinis fase 3 vaksin merah putih selesai pada Triwulan ketiga 2021.

Setelah itu, Bio Farma bisa melakukan produksi massal Vaksin Merah Putih tahap awal.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.