Kompas TV regional berita daerah

Melukis Indah Dengan Kopi

Kamis, 3 September 2020 | 17:38 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Firdaus, warga Desa Podosugih Kota Pekalongan,  sudah 3 tahun ini menciptakan karya lukis berbahan dasar kopi. Bahan baku utamanya yaitu kopi jenis arabica yang dicampur air, kemudian digoreskan dengan kuas pada kain kanvas atau kertas yang telah disketsa terlebih dahulu. Hasilnya menjadi lukisan yang sangat indah.

Berawal dari hobi melukisnya, ia mencoba untuk melukis dengan menggunakan kopi jenis arabica dan ternyata mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para konsumen.

Ia sengaja memilih kopi arabica karena dinilai lebih pekat dan cocok untuk bahan lukisan. Tak butuh waktu lama, Firdaus sanggup mengerjakan lukisan ini paling cepat dalam waktu dua jam untuk lukisan ukuran kecil. Dan untuk ukuran jumbo biasanya diselesaikan dalam waktu paling lama 7 hari.

Pesanan datang tak hanya dari Kota Pekalongan, namun dari beberapa kota di Indonesia. Promosi biasanya dilakukan melalui media sosial, market place dan pameran-pameran.

Kendala dalam melukis menggunakan bahan kopi ialah susahnya dalam mengeringkan lukisan, kemudian kejelian dalam menciptakan ketebalan warna. Dalam lukisan ini minimal ada 3 kali lapisan yatu lapisan pekat atau kental, sedang dan tipis. 

Selain itu media kertas juga menjadi kendala karena harus membeli di Semarang. Meski demikian, Firdaus berharap karyanya ini terus diminati oleh masyarakat.
 

#Kopi #Lukisan #Pekalongan

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:59
KKP SEBUT TELAH MELATIH 47.000 ORANG DALAM SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN SEPANJANG 2020   SATGAS COVID-19 INDRAMAYU TERBITKAN ATURAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PILKADA 2020   BPOM SEBUT TAK KESAMPINGKAN ASPEK KEAMANAN, KHASIAT, DAN MUTU DALAM PEMBERIAN PERSETUJUAN VAKSIN COVID-19   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA (NU) KEMBANGKAN UMKM   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA (NU) SEBARKAN AJARAN ISLAM MODERAT    SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI    CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   PERIKSA WISATAWAN, PEMPROV JAWA BARAT SIAGAKAN 54 TITIK TES CEPAT SELAMA LIBUR PANJANG    PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   LIBUR PANJANG, DINAS PARIWISATA MAGETAN PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DI LOKASI WISATA   MENAG AJAK UMAT ISLAM PERBANYAK SELAWAT PADA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW   MAULID NABI MUHAMMAD SAW, PRESIDEN JOKOWI: KETELADANAN NABI MEMANDU MEMBANGUN INDONESIA MAJU   MENLU AS MIKE POMPEO YAKINKAN MASYARAKAT INDONESIA BAHWA PANDEMI COVID-19 DAPAT DILALUI BERSAMA   BUPATI BOGOR ADE YASIN TERIMA PENGHARGAAN PEREMPUAN PEJUANG DI MASA PANDEMI COVID-19 DARI KNPI PROVINSI JABAR