Kompas TV regional berita daerah

Melukis Indah Dengan Kopi

Kompas.tv - 3 September 2020, 17:38 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Firdaus, warga Desa Podosugih Kota Pekalongan,  sudah 3 tahun ini menciptakan karya lukis berbahan dasar kopi. Bahan baku utamanya yaitu kopi jenis arabica yang dicampur air, kemudian digoreskan dengan kuas pada kain kanvas atau kertas yang telah disketsa terlebih dahulu. Hasilnya menjadi lukisan yang sangat indah.

Berawal dari hobi melukisnya, ia mencoba untuk melukis dengan menggunakan kopi jenis arabica dan ternyata mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para konsumen.

Ia sengaja memilih kopi arabica karena dinilai lebih pekat dan cocok untuk bahan lukisan. Tak butuh waktu lama, Firdaus sanggup mengerjakan lukisan ini paling cepat dalam waktu dua jam untuk lukisan ukuran kecil. Dan untuk ukuran jumbo biasanya diselesaikan dalam waktu paling lama 7 hari.

Pesanan datang tak hanya dari Kota Pekalongan, namun dari beberapa kota di Indonesia. Promosi biasanya dilakukan melalui media sosial, market place dan pameran-pameran.

Kendala dalam melukis menggunakan bahan kopi ialah susahnya dalam mengeringkan lukisan, kemudian kejelian dalam menciptakan ketebalan warna. Dalam lukisan ini minimal ada 3 kali lapisan yatu lapisan pekat atau kental, sedang dan tipis. 

Selain itu media kertas juga menjadi kendala karena harus membeli di Semarang. Meski demikian, Firdaus berharap karyanya ini terus diminati oleh masyarakat.
 

#Kopi #Lukisan #Pekalongan

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x