Kompas TV TALKSHOW rosi

Mengapa Indonesia Pilih Vaksin dari China? Ini Jawaban Erick Thohir - ROSI (Bag 1)

Kompas.tv - 27 Agustus 2020, 23:43 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Ditengah ketidakpastian kapan virus Corona berakhir muncul secercah harapan. Pemerintah Indonesia dan perusahaan asal Tiongkok menyepakati 50 juta calon vaksin untuk Indonesia. 

Vaksin ini diharap bisa menjadi jawaban untuk mengakhiri pandemi sekaligus menyehatkan ekonomi.

Sebelumnya Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Biotech Ltd telah sampai di Indonesia. Sebelum disebar ke masyarakat, vaksin akan menjalani uji klinis di PT Bio Farma terlebih dahulu.

"Betul, sudah sampai pada Minggu. Sudah diserahkan ke Bio Farma," ujar Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkan, Senin (20/7/2020), seperti dikutip dari Kompas.com.

Faizasyah mengatakan, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) hanya berperan sebagai fasilitator untuk proses kedatangan vaksin dari China ke Indonesia.

"Strategi jangka pendek memang untuk memastikan akses ke vaksin manakala sudah siap diproduksi dan ini dilakukan melalui kerja sama internasional," tutur Faizasyah.

Selain kerja sama internasional, dikatakan Faizasyah, Indonesia juga membentuk konsorsium nasional sebagai upaya jangka panjang/menengah dalam membangun kemandirian untuk akses vaksin Covid-19.

Perusahaan BUMN Bio Farma, diketahui telah menjalin kerja sama dengan perusahaan farmasi asal China Sinovac Biotech Ltd dalam memproduksi vaksin Covid-19. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.