Kompas TV nasional sapa indonesia

Sidang Etik 'Naik Heli Mewah', ICW: Jika Terbukti, Dewas Rekomendasikan Firli Mundur

Selasa, 25 Agustus 2020 | 21:55 WIB

KOMPAS.TV - Pasca jalani sidang etik siang tadi, kini penilaian pelanggaran Ketua KPK berada di tangan Dewan Pengawas KPK.

Koordinator MAKI sebagai pelapor menilai penggunaan helikopter swasta dalam perjalanan pribadi ketua kpk tidak etis dan bergaya hidup mewah.

Ketua KPK, Firli Bahuri, tak banyak berkomentar, menanggapi sanksi atas kasus dugaan pelanggaran etik, dan bahkan sanksi pencopotannya sebagai ketua kpk bila terbukti melanggar.

Firli menyebut dirinya tetap mengikuti aturan undang-undang yang berlaku dengan menjalani proses sidang etik.

Ketua kpk firli bahuri menyerahkan semua penilaian kepada Dewan Pengawas KPK.

Kasus yang menyeret Ketua KPK, Firli Bahuri , adalah penggunaan helikopter dalam perjalanannya pada Juni 2020 lalu , dari Palembang ke Baturaja pulang pergi.

Heli yang digunakan Firli tergolong mewah , dengan tipe Eurocopter EC130 T2, berteknologi getaran rendah bagi kenyamanan penumpang.

Jarak Palembang dan baturaja adalah 460 kilometer lebih, dapat ditempuh selama kurang lebih 4 jam melalui darat.

Dari penelusuran tim riset Kompas TV, tarif sewa transportasi helikopter pada tahun 2018 lalu , berkisar tujuh juta rupiah per 15 menit.

Perbandingannya, Jakarta-Bandung dengan waktu penerbangan 45 menit , dikenai tarif 16 juta rupiah.

Sesuai peraturan pemerintah nomor 85 tahun 2015, Ketua KPK berhak menerima gaji pokok 5 juta lebih, dengan total tunjangan sebesar 118,8 juta rupiah.

Dari sederet daftar tunjangan itu, Ketua KPK berhak atas tunjangan transportasi sebesar 29,5 juta rupiah.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:50
BNPB MINTA DEPOK SEGERA ISOLASI PASIEN TANPA GEJALA COVID-19 DI LOKASI KHUSUS UNTUK CEGAH PENULARAN   BINTANG JUVENTUS CRISTIANO RONALDO DINYATAKAN SEMBUH DARI COVID-19 SETELAH JALANI TES USAP   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE MINTA KANDIDAT PILKADA BERKAMPANYE POSITIF DENGAN ADU GAGASAN & PROGRAM DI RUANG DIGITAL   KAPOLRES BUKITTINGGI SEBUT KASUS HUKUM PENGEROYOKAN 2 ANGGOTA TNI TERUS BERLANJUT MESKI SUDAH ADA PERMINTAAN MAAF   KEROYOK DUA ANGGOTA TNI KODIM 0304/AGAM, HARLEY-DAVIDSON OWNERS GROUP MINTA MAAF   DUA ANGGOTA TNI KODIM 0304/AGAM MENJADI KORBAN PENGEROYOKAN KLUB MOTOR HARLEY-DAVIDSON DI BUKITTINGGI, SUMBAR   ICW MINTA KPK LIBATKAN NOVEL BASWEDAN UNTUK TANGKAP HARUN MASIKU, TERSANGKA YANG DIDUGA SUAP KOMISIONER KPU   BMKG MEMPREDIKSI SELURUH WILAYAH DKI JAKARTA DIGUYUR HUJAN SIANG INI   KORBAN GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI BERTAMBAH, 22 MENINGGAL DAN 800 TERLUKA   KEMLU: GEMPA DI LAUT AEGEAN, TURKI, TIDAK ADA KORBAN WNI   KBRI ANKARA: SEJAUH INI TIDAK DIPEROLEH LAPORAN MENGENAI ADANYA WNI YANG TERKENA DAMPAK LANGSUNG GEMPA    DINKES KAPUAS HULU, KALBAR, MENGATAKAN 4 KARYAWAN BRI CABANG PUTUSSIBAU POSITIF COVID-19    GUBERNUR GANJAR PRANOWO: SUDAH KAMI TETAPKAN UMP JATENG TAHUN 2021 SEBESAR RP 1.798.978   PEMERINTAH PUSAT TOLAK KENAIKAN UPAH MINIMUM PEGAWAI, GUBERNUR GANJAR PRANOWO PASTIKAN UMP JATENG TAHUN 2021 NAIK