Kompas TV nasional hukum

Boyamin Bawa Bukti Dugaan Gaya Hidup Mewah Firli di Sidang Etik KPK

Kompas.tv - 25 Agustus 2020, 11:41 WIB
boyamin-bawa-bukti-dugaan-gaya-hidup-mewah-firli-di-sidang-etik-kpk
Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyerahkan sejumlah bukti dugaan gratifikasi dan aliran uang yang diterima Jaksa Pinangki Sirna Malasari ke Jampidsus, Kamis (6/8/2020). (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dipanggil sebagai saksi dalam sidang etik Ketua KPK Firli Bahuri.

Boyamin sudah mempersiapkan diri dan membawa sejumlah bukti untuk memperkuat dugaan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku Integritas yang dilakukan Firli saat menunjungi keluarga pada Juni 2020 lalu.

Kala itu, Firli menggunakan helikopter untuk perjalanan dari Palembang ke Baturaja. Dugaan pelanggaran etik ini dilaporkan oleh Boyamin ke Dewan Pegawas (Dewas) KPK pada 24 Juni 2020.

Baca Juga: Sidang Etik Ketua KPK, Dewas Sidangkan Firli Terkait Naik Heli Mewah

Adapun bukti yang memperkuat dugaan pelanggaran etik Firli yakni hasil rekonstruksi yang dilakukan Boyamin untuk mensimulasikan seberapa jauh jarak antara palembang menuju ke baturaja.

Menurutnya jarak tersebut cukup dekat bila melalui perjalanan darat.

“Saya sudah melakukan rekonstruksi ke Baturaja naik kendaraan mobil dari Palembang hanya membutuhkan waktu 4.5 jam, dan waktu itu sempat sarapan dulu,” ujar Boyamin di gedung KPK, Selasa (25/8/2020).

Boyamin menambahkan perjalanan tersebut bisa dipersingkat jika Firli mendapat pengawalan.Waktu yang diperoleh jika mendapat pengawalan yakni 3 jam.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK: Benar Firli Bahuri Sewa Helikopter Saat Cuti Pulang Kampung

Ia juga menjelaskan jalan Palembang-Baturaja sudah mulus tidak seperti lima tahun lalu. Artinya tanpa pengawalan pun, jarak tempuh bisa dipersingkat.

Boyamin juga menyiapkan bukti berupa foto yang sebelumnya sudah dilampirkan pada laporan dugaan pelanggaran etik Firli ke Dewas KPK.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.