Kompas TV kolom catatan jurnalis

Harun Masiku, Djoko Tjandra hingga Sidang Etik Ketua KPK

Senin, 24 Agustus 2020 | 10:57 WIB
harun-masiku-djoko-tjandra-hingga-sidang-etik-ketua-kpk
Ilustrasi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan. (Sumber: Tribunnews.com)

Oleh: Aiman Witjaksono  

Pekan ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akan memiliki agenda yang padat. Bukan hanya soal tunggakan kasus Harun Masiku yang masih gagal ditangkap, adapula rencana sidang etik Pimpinan KPK, akibat menggunakan Heli mewah untuk keperluan pribadi, ziarah ke makam orang tuanya di Baturaja, Sumatera Selatan. Pekan terdekat dengan jadwal pekat.

Setelah heboh karena terekam kamera pada 7 Januari 2020, di Terminal 2F, Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Jejak keberadaan buronan yang dipercaya bisa membuka Kotak Pandora sejumlah nama Pejabat yang terlibat, kini tak jelas arah!

Bahkan terakhir tersebar kabar, Harun Masiku telah ditembak mati.

Pernyataan ini pertama kali disampaikan oleh anggota Komisi III DPR (Fraksi Partai Demokrat) Benny Kabur Harman. Kala itu, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Benny K Harman mempertanyakan keberadaan eks caleg PDI-P, Harun Masiku kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Ia bahkan menyebut ada spekulasi Harun dibunuh. "Akibat situasi ini ada tiga spekulasi di tengah publik . Apakah Harun Masiku sudah ditembak mati. Sangat mungkin!" kata Benny dalam rapat kerja Komisi III dengan Yasonna Laoly di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020).

Pernyataan ini diperkuat Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), dalam program AIMAN KompasTV yang tayang pada Senin (11/5/2020) merasa bahwa ungkapan Benny K. Harman itu bisa saja terjadi.

Menurutnya itu langkah paling mudah untuk menyembunyikan kasus di balik pencarian Harun Masiku.

Penulis : Zaki Amrullah




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:02
BEK HANSAMU YAMA PRANATA PINDAH DARI PERSEBAYA KE BHAYANGKARA SOLO FC   BARCELONA AKAN MENNAMPUNG PENYERANG SERGIO AGUERO PADA MUSIM DEPAN SAAT KONTRAKNYA DENGAN MANCHESTER CITY HABIS   SELAIN BLOKIR PLATFORM MEDIA SOSIAL, MILITER MYANMAR PADAMKAN LISTRIK DI HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH MYANMAR   ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA MINTA PEMDA TURUT ANDIL JAGA IKLIM INFRASTRUKTUR TOL   BPPTKG: SAAT INI KUBAH KAWAH GUNUNG MERAPI MEMILIKI KETINGGIAN 45 METER   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SAMBUT BAIK RENCANA PROYEK LRT DAN MRT DI BANDUNG   POLISI TETAPKAN 9 TERSANGKA KASUS PERUSAKAN KANTOR DAN KEDIAMAN BUPATI ASMAT, PAPUA   SEBANYAK 45 USTAZ DAN SANTRI PONDOK PENSANTREN DI KAPANEWON PIYUNGAN, BANTUL, DIY, POSITIF COVID-19   SATRESKRIM POLRES ROKAN HULU, RIAU, TANGKAP 4 PELAKU PERAMPOKAN YANG MENGGUNAKAN SENJATA API   MENDAG INGIN PERKUAT PASAR INDUSTRI HALAL DAN FESYEN MUSLIM DI INDONESIA PADA TAHUN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.705 ORANG: 2.826 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 5 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.047.351 SPESIMEN   HINGGA 5 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 66.546 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH PER 5 MARET 2021 BERTAMBAH 6.331 ORANG, TOTAL 1.182.687 ORANG