Kompas TV regional politik

Lolos Verifikasi, Pasangan Tukang Jahit dan Ketua RW Siap Tantang Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Kompas.tv - 21 Agustus 2020, 20:02 WIB
lolos-verifikasi-pasangan-tukang-jahit-dan-ketua-rw-siap-tantang-gibran-teguh-di-pilkada-solo
Pasangan Wahyono-FX Supardjo (Bajo) mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta dari jalur Independen di Pilkada Solo 2020, Sabtu (8/2/2020). (Sumber: (KOMPAS.com/LABIB ZAMANI))
Penulis : Tito Dirhantoro

SOLO, KOMPAS TV - Pasangan calon independen Bagyo Wahyono-FX Suparjo (Bajo) dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo. 

Dengan demikian, pasangan calon yang berprofesi sebagai tukang jahit dan Ketua RW itu bisa mendaftarkan diri untuk maju dalam Pilkada Solo 2020.

Lolosnya pasangan tersebut sekaligus menjadikannya penantang pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PSI dan Golkar.

Baca Juga: Ini Penantang Gibran di Pilkada Solo dari Jalur Independen, Sang Tukang Jahit dan Ketua RW

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan keputusan lolosnya pasangan Bajo ditentukan dalam rapat pleno 'Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo 2020 Masa Perbaikan'.  

“Pasangan (Bajo) tersebut dapat mendaftarkan diri untuk maju Pilwalkot Solo pada tanggal 4-6 September 2020,” kata Nurul di Solo, Jawa Tengah pada Jumat (21/8).

Nurul menjelaskan, keduanya dinyatakan lolos karena mendapat dukungan lebih dari 8,5 persen atau 35.870 suara, sebagaimana syarat sah mengikuti Pilkada Solo.

“Jumlah dukungan tahap pertama dan dukungan perbaikan untukpasangan Bjo sudah memenuhi syarat, totalnya ada 38.831 dukungan,” kata Nurul.

Baca Juga: Gibran Ikuti Sekolah Partai, Hasto Beri Peringatan: Kalo Sampai Gak Disiplin Harus Push Up!

Selain itu, Nurul mengatakan, pasangan Bajo juga telah memenuhi syarat sebaran suara warga Solo, karena berhasil menggalang dukungan di lima kecamatan.

Sementara itu, Bagyo Wahyono mengaku perjuangannya untuk bisa lolos verifikasi faktual tidak begitu mulus dan butuh perjuangan ekstra. 

Karena itu, dia meminta kepada masyarakat untuk berpartisipasi turut mengawal proses pencalonannya sebagai calon wali kota Solo dari jalur independen. 

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang jahit itu berharap Kota Solo mencetak sejarah baru dengan memunculkan pemenang dari pasangan independen pertama.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x