Kompas TV travel jelajah dunia

Melihat Keindahan Danau Jenewa, Danau Terbesar di Swiss

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 20:27 WIB
melihat-keindahan-danau-jenewa-danau-terbesar-di-swiss
Pegunungan Alpen menghiasi pemandangan Danau Jenewa dari kejauhan (Sumber: Dok Pribadi/Dini Kurniasari)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Dini Kurniasari

SWISS, KOMPAS.TV - Tidak ada laut di Swiss, tapi Swiss memiliki berbagai macam danau indah. Salah satunya adalah Danau Jenewa yang sekaligus menjadi tempat wisata paling dikenal dari Kota Jenewa.

Danau yang memiliki nama lain Lac Léman atau Lac de Genève, dalam bahasa Prancis ini diklaim merupakan danau terbesar di Swiss. Bahkan di Eropa Barat, Danau Jenewa juga menjadi salah satu danau air tawar terbesar.

Memiliki luas sekitar 581 Meter persegi, danau ini membentang di dua negara, yakni Swiss di wilayah Vaud, Valais, juga Jenewa dan Perancis, tepatnya di wilayah Haute-Savoie. Salah satu sumber air Danau Jenewa berasal dari aliran Sungai Rhone yang merupakan lelehan gletser es dari Pegunungan Alpen.

Baca Juga: SURGA DUNIA! Inilah 5 Rekomendasi Tempat Belanja dan Kuliner di Bangkok

Selain itu, yang paling mengagumkan, air danau Jenewa sangatlah bersih dan jernih, sehingga apabila berdiri di pinggir danau, dasar dari danau tersebut akan sangat jelas terlihat.

Wisatawan maupun masyarakat lokal dapat menikmati keindahan Danau Jenewa ini secara gratis. Di pinggir danau, banyak sekali tempat makan yang bisa disinggahi untuk sekadar nongkrong dan bersantai ditemani angsa-angsa yang bermain di danau, juga merpati yang beterbangan di atasnya.

Di beberapa spot danau, pemandangan Gunung Mont Blanc dan Grand Combine juga dapat terlihat dari kejauhan. Gunung-gunung tersebut menambah kecantikan atas panorama yang dapat ditemukan di Danau Jenewa.

Namun, apabila ingin lebih dekat, Danau Jenewa juga terbuka untuk berbagai jenis aktivitas air. Banyak kapal yang menawarkan untuk wisata dengan tur keliling danau, baik hanya berputar di Kota Jenewa atau mengunjungi kota lain yang dihubungkan dengan danau ini.

Baca Juga: Pesona Danau Inle di Myanmar: Atraksi Unik Nelayan Hingga Rumah Terapung

Danau Jenewa pun menjadi saksi tempat dilaksanakannya olahraga air, mulai dari berenang, kano, kayak, hingga ski air. Tentunya ketika musim panas, olahraga air menjadi pilihan tepat untuk mengisi hari.

Namun, di musim lain pun, kecuali musim dingin, karena pastinya suhu juga tidak memungkinkan, aktivitas berenang masih sering dilakukan. Untuk menguji adrenalin, melompat dari ketinggian juga dapat dilakukan di menara khusus untuk lompat indah bernama Poesie.

Apabila hanya ingin basah-basahan tanpa masuk ke dalam danau, bermain-main di bawah air mancur Jet d'Eau juga bisa menjadi aktivitas menarik lainnya yang dapat dilakukan di danau ini.

Air mancur Jet d'Eau atau Geneva water fountain pertama kali dibangun pada 1886. Jet d'Eau merupakan salah satu air mancur tertinggi dan tercantik di dunia yang letaknya di tengah Danau Jenewa, tidak jauh dari pelabuhan, tepatnya di Quai Gustave-Ador.

Baca Juga: Wajib Dikunjungi! Inilah 6 Spot Wisata Negeri di Atas Awan

Air mancur ini memiliki ketinggian mencapai 140 meter dan mampu menyemprotkan air sebanyak 500 liter per detik. Jet d'Eau ini sekaligus merupakan ikon Kota Jenewa yang juga menjadi simbol kekuatan, ambisi, dan vitalitas dari Jenewa serta Swiss. Bila malam tiba, jet d’Eau dihiasi dengan lampu warna-warni yang menambah cantik panorama dari Danau Jenewa.

Tertarik berkunjung ke sini, Sahabat KompasTV? 

#Swiss #DanauJenewa #LacLéman



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x