Kompas TV nasional peristiwa

Kronologi Keributan Mumtaz Rais dengan Wakil Ketua KPK di Pesawat: Kamu Siapa?

Kompas.tv - 14 Agustus 2020, 23:10 WIB
kronologi-keributan-mumtaz-rais-dengan-wakil-ketua-kpk-di-pesawat-kamu-siapa
Mumtaz Rais (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua KPK, Nawawi Pamolango, terlibat cekcok mulut dengan Mumtaz Rais, anak dari pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), Amin Rais di pesawat Garuda Indonesia.

Insiden tersebut terjadi dalam penerbangan Gorontalo-Makasar-Jakarta pada 12 Agustus 2020.

"Ketika itu Pak Nawawi Pamolango sedang dalam perjalanan dinas atau penugasan dari KPK," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan resminya pada Jumat (14/8/2020).

Nawawi diketahui berangkat dinas pada 9 Agustus 2020. Adapun agendanya yakni koordinasi pemberantasan korupsi dengan APH dan APIP di wilayah Propinsi Gorontalo.

Baca Juga: Kasus Mumtaz di Pesawat Jadi Pelajaran Pejabat Publik Wajib Beri Contoh Integritas

Pada 12 Agustus 2020, Nawawi kembali ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Dalam perjalanannya, pesawat transit di bandara di Makasar untuk pengisian bahan bakar.

Pada saat pengisian bahan bakar, petugas pramugari sudah mengingatkan Mumtaz Rais secara langsung beberapa kali. 

"Bahkan juga melalui pengeras suara, agar para penumpang tidak berjalan dan tidak menggunakan alat komunikasi," ujarnya.

Di saat bersamaan, Nawawi melihat salah satu penumpang tidak mengindahkan imbauan pramugari hingga 3 kali. 

Baca Juga: Wasekjen PAN: Insiden Mumtaz Rais di Atas Pesawat Sudah Selesai

Mumtaz Rais saat itu masih terus bicara melalui telepon seluler. Sementara Nawawi melihat dari jendela di samping tempat duduknya ada kendaraan pengisi bahan bakar di sekitar pesawat.

Dengan pertimbangan keselamatan seluruh penumpang, Nawawi mengingatkan Mumtaz Rais untuk mematuhi aturan yang berlaku di penerbangan.

Namun demikian, Mumtaz tidak merespons dan tetap bicara melalui telepon. Setelah itu, Nawawi kembali ke kursinya. Ketika sedang duduk, Nawawi dikejutkan oleh penumpang yang ia tegur tadi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x