Kompas TV internasional kompas dunia

Kenali Mulan Asli di Dunia Nyata Ini

Kamis, 13 Agustus 2020 | 22:09 WIB
kenali-mulan-asli-di-dunia-nyata-ini
Agnes Chow (Sumber: line.today)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ternyata Agnes Chow, aktivis pro-demokrasi berusia 23 tahun dari Hong Kong, mendapat julukan baru yaitu Mulan.

Para pendukungnya mulai memanggilnya "Mulan yang asli" - mengacu pada tokoh pahlawan perempuan China yang legendaris, yang diceritakan berjuang menyelamatkan keluarga dan negaranya.

Chow adalah salah satu dari segelintir aktivis dan tokoh-tokoh yang ditangkap minggu ini dengan tudingan melanggar undang-undang keamanan baru yang kontroversial yang diberlakukan oleh Beijing.

Dia dituduh "berkolusi dengan pihak asing" - jika terbukti bersalah, dia bisa menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Dia sekarang dibebaskan dengan jaminan, tetapi penangkapannya memicu dukungan, dengan banyak orang yang menulis #FreeAgnes (bebaskan Agnes) di media sosial.

Kenapa Agnes Chow dijuluki Mulan? Mulan adalah legenda China kuno yang populer secara global melalui film animasi Disney tahun 1998.

Film itu menampilkan seorang perempuan muda yang menyamar menjadi seorang pria agar dia bisa berjuang untuk menyelamatkan keluarga dan negaranya.

Editor : Merlion Gusti

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:49
ANGKATAN UDARA TIONGKOK GELAR SIMULASI SERANGAN DI TEMPAT YANG MENYERUPAI PANGKALAN AU AS DI GUAM   SEBANYAK 11 TENAGA KESEHATAN DI MADIUN, JAWA TIMUR, POSITIF TERINFEKSI KORONA   POLRESTA PONTIANAK TETAPKAN OKNUM POLISI YANG MEMERKOSA GADIS PELANGGAR LALU LINTAS SEBAGAI TERSANGKA   POSITIF KORONA TANPA GEJALA, ISTRI WALI KOTA PONTIANAK DIISOLASI DI RUMAH   ISTRI DARI WALI KOTA PONTIANAK, KALBAR, EDI RUSDI KAMTONO, POSITIF TERINFEKSI KORONA TANPA GEJALA   POSITIF TERINFEKSI KORONA, PUTRA BUNGSU DARI WALI KOTA JAMBI SYARIF FASHA MENINGGAL DUNIA    POLDA METRO JAYA PERPANJANG PENAHANAN JOHN KEI HINGGA 19 OKTOBER 2020   POLISI BERENCANA JEMPUT LHI, PEREMPUAN YANG MENGAKU DILECEHKAN DAN DIPERAS SAAT TES CEPAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 1.425 ORANG: 1.002 SEMBUH, 120 MENINGGAL DUNIA, 303 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: ADA 1 PROVINSI DAN 8 KABUPATEN/KOTA YANG TERAPKAN PSBB   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 494 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 21 SEPTEMBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 2.950.173 SPESIMEN   HINGGA 21 SEPTEMBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 108.880 ORANG    HINGGA 21 SEPTEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 248.852 POSITIF, 180.797 SEMBUH, 9.677 MENINGGAL DUNIA