Kompas TV nasional kesehatan

Erick Thohir: Bangsa-Bangsa Lain Kaget Kita Berhasil Uji Vaksin Corona Perdana

Kompas.tv - 13 Agustus 2020, 21:12 WIB
erick-thohir-bangsa-bangsa-lain-kaget-kita-berhasil-uji-vaksin-corona-perdana
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Negara-negara di dunia tengah berlomba-lomba menghadirkan vaksin virus corona (Covid-19). Tak terkecuali Indonesia yang saat ini tengah melakukan uji klinis tahap III vaksin Covid-19.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bahkan menyebut bahwa banyak negara yang terkejut begitu mendengar Indonesia melakukan uji klinis tahap III vaksin Covid-19.

Uji klinis tersebut dilakukan oleh PT Bio Farma (Persero). Penyuntikan vaksin perdana kepada para relawan telah dilaksanakan di Bandung pada Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: Erick Thohir: Vaksinasi Covid-19 Massal di Bawah Pengawasan TNI Polri

“Kemarin bangsa-bangsa lain juga cukup kaget ketika kita berhasil melakukan uji vaksin perdana pada 11 Agustus,” ujar Erick di Mabes Polri, Kamis (13/8/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Erick menambahkan, vaksin tersebut nantinya akan disuntikkan ke 1.620 relawan yang telah mendaftarkan diri. Jika produksi itu aman, maka pada akhir tahun 2020 vaksin Covid-19 bisa diproduksi secara massal.

“Nanti kalau ini semua berjalan baik dan sukses sehingga imunisasi massal pada bulan Januari atau Februari paling telat, kita bisa lakukan untuk bangsa kita,” kata dia.

Mantan bos Inter Milan itu pun memastikan bahwa vaksin ini aman untuk disuntikkan ke manusia. Selain itu, vaksin ini juga halal.

“Alhamdulillah, ini aman dan dipastikan halal. Makanya, pada uji perdana pihak MUI hadir untuk melihat bagaimana proses daripada vaksin perdana ini. Jadi insya Allah kita bisa kasih lihat kepada bangsa lain, kita tidak ketinggalan,” ucap dia.

Baca Juga: Presiden Tinjau Uji Klinis Vaksin Covid-19

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.