Kompas TV regional berita daerah

Tingkatkan Keselamatan, Pelatihan Pertolongan Pertama diberikan Pada Pegiat Wisata di Banjarmasin

Kompas.tv - 13 Agustus 2020, 17:54 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Pelatihan pertolongan pertama diberikan pada pegiat wisata di Kota Banjarmasin untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung saat berwisata di kota  yang dujuluki river city tersebut.

Para pegiat dunia wisata seperti para pemandu atau pramu wisata, pengemudi wisata perahu atau susur sungai dan sejumlah elemen lain mendapatkan pelatihan pertolongan pertama atas insiden yang terjadi pada wisatawan.

Baca Juga: Antisipasi Rabies, Ratusan Anjing di Banjarmasin Diberi Vaksin Gratis

Hal ini dinilai penting karena insiden atau musibah dapat terjadi sewaktu waktu sehingga kewaspadaan dan antisipasi harus dilakukan sejak dini.

Dengan menyiapkan keterampilan dan kemampuan para pegiat wisata di lapangan  untuk mengatasinya lebih awal, seperti teknik menangani pengunjung pingsan, jatuh dengan resiko cidera atau patah dan lainnya.

Pelatihan oleh Dinas Pariwisata Kota Banjarmasin ini bekerja sama langsung dengan PMI Banjarmasin yang memiliki standar kemampuan menangani kondisi tersebut.

Baca Juga: Imbas Pandemi Turunkan Penjualan Pernak-Pernik Kemerdekaan di Banjarmasin

Dari pelatihan ini juga diharapkan kesadaran dan kemampuan para pelaku layanan wisata di Banjarmasin lebih profesional.

Yaitu dalam memberikan pelayanan terbaik pada wisatan lokal maupun internasional termasuk saat terjadi insiden yang membutuhkan skil pertolongan atau rescue.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.