Kompas TV regional berita daerah

Cara Unik Bawaslu Kalsel Sosialisasi Tahapan Pilkada Lewat Demo Masak Online

Kompas.tv - 13 Agustus 2020, 06:12 WIB

KAB. BANJAR  KOMPAS.TV - Cara baru dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan (kalsel) untuk sosialisasikan tahapan pilkada di masa pandemi.

Yaitu melalui demo masak yang disiarkan secara online, langsung virtual di media sosial atau live cooking.

Live cooking menampilkan Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah bersama Master Chef Agus Sasirangan sedang memasak.

Baca Juga: Lakukan Evaluasi, Sekretariat Bawaslu Kalsel Tegaskan Kegiatan Tahapan Pilkada Harus Tepat Waktu

Namun tidak hanya membahas masakan, keduanya kemudian membahas tahapan pilkada 2020 di kalsel dalam perbincangan santai namun informatif.


Bertemakan Resep Pilkada sukses. Penyampaian informasi pilkada dengan cara demo masak ini adalah upaya Bawaslu Kalsel mengemas edukasi dan sosialiasi pilkada dengan semenarik mungkin menyesuaikan kondisi pandemi.

"Jadi saat inilah untuk melihat resep menu dari Chef Agus sekaligus Bawaslu lakukan sosialisasi pilkada sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi agar nantinya berminat dalam pengawasan partisipatif", Ucap Erna Kasypiah.

Baca Juga: Bawaslu Kalsel Ingatkan Bakal Calon Kepala Daerah Petahana Untuk Tidak Jadikan Bansos Alat Kampanye

Kepala Sekretariat Bawaslu Kalsel, Teuku Dahsya Kusuma Putra menyebut cara sosialisasi melalui live cooking ini merupakan inovasi baru di masa pandemi covid-19.

Ini juga merupakan bentuk pemanfaatan teknologi informasi sebagai solusi sosialisasi masif di media sosial tanpa harus mengumpulkan massa.

"Hal ini menjadi penting mengingat penyelenggaraan pemilu harus berjalan secara demokratis dan diskusi tentang hal ini harus dikemas dengan sesuatu yang baru (out of the box)", ujar Teuku Dahsya.

Kegiatan ini juga diselenggarakan untuk menyemarakkan HUT Ke-75 RI, dimana nama menu yang dimasak bernuansa pemilu dan kemerdekaan.

Yaitu Itik Rempah Kemerdekaan, Nasi daun jeruk demokrasi, Tumos daun singkong bawasel serta sambal kemiri jago pemilu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.