Kompas TV regional berita daerah

Guru SD di Kendal Datangi Rumah Siswa

Kompas.tv - 12 Agustus 2020, 11:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 memaksa siswa untuk bisa menahan diri agar tidak bersekolah dan melakukan pembelajaran secara daring. Ada seorang guru sekolah dasar di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang berinisiatif memberikan pelajaran kepada siswanya, dengan cara mendatangi rumah siswa agar tidak ketinggalan pelajaran.

Jumaratun, seorang guru SD warga Kecamatan Gemuhblanten, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ini rela mendatangi rumah para siswanya, untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka. Semua dilakukan agar siswanya tidak ketinggalan pelajaran di tegah pandemi Covid-19.

Guru yang sudah mengabdi selama 39 tahun ini mengaku, melakukan kunjungan mengajar seperti ini, lantaran metode belajar menggunakan daring dinilai tidak berhasil pada semester sebelumnya sehingga berpengaruh kepada nilai dan perkembangan siswanya.

Siswa merasa senang karena bisa berinteraksi secara langsung, saat sang guru berkunjung dan mengajar kerumahnya. Meski kunjungan tidak terlalu lama, yakni dengan membagi empat kelompok dari 15 anak didik dengan metode pembelajaran praktek dan ceramah. Namun, demikian metode pembelajaran tatap muka tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan mengatur jarak duduk, menggunakan masker, dan pelindung wajah.

Diharapkan apa yang telah dilakukan Jumaratun juga dapat menginspirasi para guru lain di Indonesia. Meski cukup melelahkan, namun upaya tersebut setidaknya dapat meningkatkan semangat para siswa untuk belajar mandiri.

#Kendal #PembelajaranDaring #PandemiCovid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x