Kompas TV internasional kompas dunia

Ada Penembakan di Luar Gedung Putih, Donald Trump Dievakuasi Keluar Ruangan Jumpa Pers

Kompas.tv - 11 Agustus 2020, 07:40 WIB
ada-penembakan-di-luar-gedung-putih-donald-trump-dievakuasi-keluar-ruangan-jumpa-pers
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menggunakan masker ketika mengunjungi sebuah rumah sakit di luar Washington, AS, Sabtu (11/7/2020). (Sumber: AP)
Penulis : Johannes Mangihot

WASHINGTON, KOMPASTV – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dievakuasi dari ruang pertemuan media setelah terjadi penembakan di luar Gedung Putih, Senin (10/8/2020).

Penembakan terjadi saat Trump baru beberapa menit melaksanakan  jumpa pers mengenai penanganan Covid-19 di Amerika Serikat. Ruangan tesebut langsung dikunci setelah Trump keluar.

Peristiwa Trump tiba-tiba keluar ini terhadi saat protokol kepresidenan berbisik dengan dirinya. Trump mengikuti perkataan pegawal presiden tersebut dan berjalan keluar serta berlindung di ruangan lain di Gedung Putih.

Baca Juga: Dianggap Membual, Donald Trump Kembali Tinggalkan Konferensi Pers Lebih Cepat

Tak beberapa lama meninggalkan ruang pertemuan media, Trump kembali dan menjelaskan alasan dirinya keluar di tengah jumpa pers.

Trump mengatakan seseorang pria yang memiliki senjata telah ditembak oleh penegak hukum dan pria tersebut langsung di bawa ke rumah sakit.

"Penembakan itu terjadi di luar Gedung Putih," kata Trump, dikutip Reuters, Selasa (11/8/2020).

“Tampaknya terkendali dengan sangat baik. Tapi sebenarnya ada penembakan, dan seseorang telah dibawa ke rumah sakit. Saya tidak tahu kondisi orang tersebut," Sambung Trump.

Baca Juga: Donald Trump Beri Janji Berani Jika Kembali Terpilih sebagai Presiden AS

Trump mengatakan, penembakan itu terjadi di dekat pagar di tepi halaman Gedung Putih dan tidak ada orang lain yang terluka dalam penembakan itu.

Ia menambahkan saat dievakuasi keluar ruangan dirinya dibawa ke Oval Office.

Ia pun memuji tanggapan dinas rahasia dan mengatakan agensi akan mengumumkan rincian lebih lanjut tentang kejadian tersebut.

"Tidak ada detailnya - kami baru tahu sekarang," kata Trump kepada wartawan seperti yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Tak Mau Ditekan Trump, TikTok Bakal Gugat Pemerintah AS

Tak hanya Donald Trump, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Direktur Kantor Manajemen dan Anggaran Russ Vought juga dibawa keluar ruangan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x