Kompas TV bisnis kebijakan

Sri Mulyani: Gaji 13 Dibayarkan Hari Ini, PNS Diharapkan Bantu Pemulihan Ekonomi

Kompas.tv - 10 Agustus 2020, 15:17 WIB
sri-mulyani-gaji-13-dibayarkan-hari-ini-pns-diharapkan-bantu-pemulihan-ekonomi
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani saat meninggalkan ruangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/7/2017). Sri Mulyani: Gaji 13 Dibayarkan Hari Ini, PNS Diharapkan Bantu Pemulihan Ekonomi. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa gaji 13 cair hari ini, Senin 10 Agustus 2020. Pegawai negeri sipil (PNS) serta prajurit TNI dan anggota Polri mulai bisa mengantongi gaji ke-13 tersebut.

Sri Mulyani menjelaskan, proses pencairan gaji 13 sudah dilakukan sejak Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 mengenai Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 diundangkan pada 7 Agustus 2020.

Baca Juga: Gaji 13 Cair Hari Ini, Segini Rincian Besaran hingga Mereka yang Berhak Dapat

Namun demikian, bendahara negara itu menegaskan, pencairan gaji ke-13 sesuai dengan kesiapan regulasi pemerintah serta masing-masing peraturan kepala daerah (perkada) pemerintah daerah (pemda).

"Sehingga, gaji dan pensiun 13 dibayarkan hari ini, 10 Agustus sesuai dengan kesiapan adminsitrasi, regulasi pemerintah pusat dan daerah," jelas Sri Mulyani ketika memberikan keterangan pers, Senin (10/8/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Jumlah Anggaran

Lebih lanjut, Sri Mulyani menjelaskan, secara keseluruhan perkiraan anggaran yang akan dikucurkan untuk pembayaran gaji ke-13 mencapai Rp 28,82 triliun.

Dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp 14,83 triliun berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Total anggaran tersebut dialokasikan untuk pegawai aktif sebesar Rp 6,94 triliun dan Rp 7,88 triliun.

Di sisi lain, alokasi yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 13,09 triliun.

Baca Juga: Kriteria Penerima Gaji Rp 600.000 Selama 4 Bulan, BPJS Kumpulkan Rekening Karyawan

Ilustras: uang rupiah gaji (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)

Untuk diketahui, jumlah anggaran tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan rencana awal pencairan gaji ke-13 sebesar Rp 28,5 triliun yang terdiri dari Rp 14,6 triliun berasal dari APBN dan Rp 13,89 triliun berasal dari APBD.

"Sampai Senin pukul 12.00 WIB, ada 82,5 persen dari seluruh satuan kerja yang jumlahnya hampir 14.000 telah mengajukan SPM (Surat Perintah Membayar) dan hampir semua sudah selesai prosesnya di KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara)," kata Sri Mulyani.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu pun berharap dengan pencairan gaji ke-13 kali ini bisa memenuhi kebutuhan para ASN dan PNS, terutama masuk pada tahun ajaran baru anak sekolah, serta bisa mendukung proses pemulihan ekonomi RI yang terhantam pandemi.

Baca Juga: Ternyata Segini Gaji Wali Kota Solo, Jabatan yang Diincar Gibran Putra Jokowi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x