Kompas TV kolom catatan jurnalis

Kritik untuk Jokowi, Pandemi Covid-19, dan Rontoknya Ekonomi

Senin, 10 Agustus 2020 | 11:17 WIB
kritik-untuk-jokowi-pandemi-covid-19-dan-rontoknya-ekonomi
Ilustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. (Sumber: Shutterstock/Lightspring/Kompas.com)

Oleh: Mustakim 

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, melayangkan kritik pedas pada Presiden Joko Widodo. Ia menyebut kondisi ekonomi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jauh lebih baik dibandingkan dengan saat ini.

Anak mantan presiden SBY yang selama ini dikenal ‘anteng’ ini menyebut, pada era SBY, ekonomi Indonesia meroket dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) meningkat.

Selain itu, utang dan defisit pun terjaga. Ibas juga mengklaim, di era ayahnya, pendapatan rakyat meningkat sementara tingkat kemiskinan dan pengangguran bisa ditekan.

Baca Juga: Soal Kritikan Ibas untuk Ekonomi Era Jokowi, Demokrat: Kritikannya Bersifat Membangun

Kritik senada dilontarkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Ia menilai, kinerja pemerintahan Jokowi lamban dan salah resep dalam menangani pandemi.

Pasalnya, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II minus sebesar 5,32 persen. Angka ini jauh lebih buruk dari ekspektasi pemerintah yang memprediksi hanya minus 4,3-4,8 persen. Fadli menilai, pemerintah gagal menetapkan prioritas kebijakan dalam menangani pandemi.

Editor : Desy Hartini

1
2
3
4
5



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:12
ANTOINE GRIEZMANN ANTARKAN BARCELONA MENANG 1-0 ATAS ELCHE   GARETH BALE RESMI KEMBALI KE TOTTENHAM HOTSPUR   VALENCIA KALAH 1-2 ATAS CELTA VIGO DALAM LAGA PEKAN KEDUA LIGA SPANYOL DI STADION BALAIDOS, VIGO   WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   IRLANDIA LAKUKAN PEMBATASAN DI DUBLIN SETELAH TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF COVID-19   MENTERI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN TENAGA KESEHATAN DIPRIORITAS TERTINGGI MENDAPAT VAKSIN COVID-19   MAROKO TEKEN KONTRAK PEMBELIAN VAKSIN COVID-19 DENGAN PERUSAHAAN FARMASI ASAL RUSIA R-PHARM   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   KPU SIDOARJO, JATIM, SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS