Kompas TV kolom catatan jurnalis

Kritik untuk Jokowi, Pandemi Covid-19, dan Rontoknya Ekonomi

Senin, 10 Agustus 2020 | 11:17 WIB
kritik-untuk-jokowi-pandemi-covid-19-dan-rontoknya-ekonomi
Ilustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. (Sumber: Shutterstock/Lightspring/Kompas.com)

Oleh: Mustakim 

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono, melayangkan kritik pedas pada Presiden Joko Widodo. Ia menyebut kondisi ekonomi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jauh lebih baik dibandingkan dengan saat ini.

Anak mantan presiden SBY yang selama ini dikenal ‘anteng’ ini menyebut, pada era SBY, ekonomi Indonesia meroket dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) meningkat.

Selain itu, utang dan defisit pun terjaga. Ibas juga mengklaim, di era ayahnya, pendapatan rakyat meningkat sementara tingkat kemiskinan dan pengangguran bisa ditekan.

Baca Juga: Soal Kritikan Ibas untuk Ekonomi Era Jokowi, Demokrat: Kritikannya Bersifat Membangun

Kritik senada dilontarkan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. Ia menilai, kinerja pemerintahan Jokowi lamban dan salah resep dalam menangani pandemi.

Pasalnya, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada kuartal II minus sebesar 5,32 persen. Angka ini jauh lebih buruk dari ekspektasi pemerintah yang memprediksi hanya minus 4,3-4,8 persen. Fadli menilai, pemerintah gagal menetapkan prioritas kebijakan dalam menangani pandemi.

Penulis : Desy Hartini




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:52
BEK HANSAMU YAMA PRANATA PINDAH DARI PERSEBAYA KE BHAYANGKARA SOLO FC   BARCELONA AKAN MENNAMPUNG PENYERANG SERGIO AGUERO PADA MUSIM DEPAN SAAT KONTRAKNYA DENGAN MANCHESTER CITY HABIS   SELAIN BLOKIR PLATFORM MEDIA SOSIAL, MILITER MYANMAR PADAMKAN LISTRIK DI HAMPIR SEBAGIAN BESAR WILAYAH MYANMAR   ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA MINTA PEMDA TURUT ANDIL JAGA IKLIM INFRASTRUKTUR TOL   BPPTKG: SAAT INI KUBAH KAWAH GUNUNG MERAPI MEMILIKI KETINGGIAN 45 METER   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SAMBUT BAIK RENCANA PROYEK LRT DAN MRT DI BANDUNG   POLISI TETAPKAN 9 TERSANGKA KASUS PERUSAKAN KANTOR DAN KEDIAMAN BUPATI ASMAT, PAPUA   SEBANYAK 45 USTAZ DAN SANTRI PONDOK PENSANTREN DI KAPANEWON PIYUNGAN, BANTUL, DIY, POSITIF COVID-19   SATRESKRIM POLRES ROKAN HULU, RIAU, TANGKAP 4 PELAKU PERAMPOKAN YANG MENGGUNAKAN SENJATA API   MENDAG INGIN PERKUAT PASAR INDUSTRI HALAL DAN FESYEN MUSLIM DI INDONESIA PADA TAHUN INI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 3.705 ORANG: 2.826 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, 707 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: 5 MARET 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 11.047.351 SPESIMEN   HINGGA 5 MARET 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 66.546 ORANG   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH PER 5 MARET 2021 BERTAMBAH 6.331 ORANG, TOTAL 1.182.687 ORANG