> >

Gelar FGD di Pontianak, BPIP Bahas Keberlanjutan Sumber Daya Alam

Vod | 4 Oktober 2024, 13:11 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Kamis (3/10) kemarin, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia menggelar Focus Group Discussion dengan tema "Kerapuhan Etika Penyelenggara Negara, dalam Berbangsa dan Bernegara, Kedaulatan Sumber Daya Alam," di Gedung Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dalam grup diskusi ini, fokusnya adalah bagaimana mengelola sumber daya alam yang baik sesuai etika agar keberlangsungan dan keberlanjutan sumber daya alam tetap maksimal, serta pemerintah lebih peduli terhadap kondisi alam yang ada di tanah air.

Satu di antara pemateri yakni Maikel Peuki dari WALHI Papua, menyebut bahwa saat ini eksploitasi sumber daya alam di Papua sangat tinggi, namun belum memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Papua.

Hal senada juga diungkapkan oleh Institut Dayakologi, Richardus Giring yang mengusulkan tujuh nilai yang harus diperhatikan pemerintah untuk sistem pengelolaan sumber daya alam, tidak hanya dalam bentuk fisik tetapi juga supranatural.

Sementara itu, Fahmy Radhi, akademisi Universitas Gadjah Mada, mengapresiasi kegiatan FGD ini.

Hal ini bisa memetakan pengelolaan sumber daya alam yang tidak hanya menjelaskan permasalahan, tetapi juga mendapatkan solusi penyelesaian dalam upaya menjaga sumber daya alam lebih efektif dan maksimal.

Kegiatan FGD ini dibuka secara resmi oleh Kepala BPIP, Yudian Wahyudi.

Para peserta berharap masukan dan gagasan serta ide melalui FGD ini bisa diteruskan oleh BPIP kepada pemerintahan yang akan datang yakni presiden terpilih.

Baca Juga: Tujuan BPIP Gelar Diskusi Soroti Etika dan Agama, Mendengar Paradoks Keberagaman di Indonesia

#bpip #fgd #diskusibpip

Penulis : Aisha-Amalia-Putri

Sumber : Kompas TV


TERBARU