> >

60 Pengelola UMKM Binaan Pertamina Rambah Transaksi Digital Melalui My Pertamina

Vod | 27 September 2024, 20:34 WIB

LOMBOK, KOMPAS.TV - Pertamina menyiapkan 60 pengelola UMKM binaannya agar lebih akrab dan ahli dalam menggunakan pembayaran digital melalui aplikasi My Pertamina.

Inisiatif ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung sekaligus memberikan kenyamanan dalam menikmati hasil kerja kreatif UMKM dari Rumah BUMN Lombok Timur.

UMKM yang akan terlibat di Pertamina Grand Prix of Indonesia tahun ini dipastikan dapat menggunakan aplikasi My Pertamina dengan mudah.

Para peserta yang baru belajar menggunakan aplikasi tersebut percaya diri dapat mengoperasikannya dengan lancar.

Selain itu, pencatatan penjualan barang yang laku menjadi lebih rapi, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi usaha mereka.

Pengelola UMKM yang telah merasakan manfaat menjadi binaan Pertamina mengaku sangat terbantu, dengan hasil penjualan yang meningkat tajam hingga ratusan juta rupiah selama dua kali ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022/2023.

Tahun ini, mereka yakin usaha mereka akan mendapatkan respons positif dari pengunjung.

Contohnya adalah Janual, pengelola D'Etnick Istana Mutiara Lombok yang menawarkan berbagai souvenir berbahan mutiara laut dan kerang laut yang menawan, selalu menjadi incaran pengunjung sirkuit, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menjadi binaan Pertamina adalah keberuntungan yang memperluas jaringan usahanya.

Demikian pula dengan Admiatun Suwendatanti, penggagas Kelapa Idea, yang mengolah limbah terunan kelapa.

Ia mengaku terlibat dalam UMKM binaan Pertamina menambah wawasannya, terutama dalam branding produk, sehingga produknya dapat dikirim ke luar negeri, seperti Korea dan Malaysia.

Bantuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina dilakukan agar UMKM menjadi tangguh dan mandiri, sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan pengelola UMKM. 

Baca Juga: Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, Pertamina Patra Niaga Tingkatkan Stok BBM 5 Kali Lipat

#pertamina #umkm

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU