> >

Pegadaian Bina Ribuan UMKM Agar Mampu Bersaing dengan Program ini

Vod | 21 September 2024, 11:28 WIB

KOMPAS.TV - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi perkembangan perekonomian Indonesia. Kebutuhan modal menjadi poin utama untuk memulai usaha, bahkan dapat membantu bisnis UMKM berkembang. Gadai emas adalah solusi termudah dan tercepat dengan akses terbuka bagi UMKM untuk mendapatkan dana segar.

Tidak hanya gadai emas, pinjaman kredit mikro angsuran dengan bunga ringan dari pegadaian juga dirasa cukup membantu. Selain soal modal, PT Pegadaian sendiri memiliki program Gadepreneur untuk pembinaan UMKM. Setiap tahunnya, Pegadaian menerima 2.000 hingga 3.000 pendaftar, dan kini setidaknya ada 1.053 UMKM yang berhasil dibina. Kepala Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Pegadaian, Rully Yusuf, menyatakan bahwa Gadepreneur ditekankan agar ada peningkatan bisnis demi menjadikan UMKM naik kelas.

Komitmen Pegadaian juga sejalan dengan pemerintah yang fokus mengembangkan UMKM. Kontribusi UMKM per tahun rata-rata menyumbang 61 persen Produk Domestik Bruto atau 9.850 triliun rupiah. Tenaga kerja yang terserap pun bisa mencapai 119,6 juta orang.

Tak dipungkiri, investasi dan modal dibutuhkan demi keberlanjutan usaha mereka. Untuk itu, kemudahan untuk investasi dan mendapatkan modal usaha menjadi salah satu kunci berkembangnya UMKM. Ketika UMKM bisa naik kelas, besar harapan ekonomi negeri dapat semakin membaik.

#umkm #pegadaian #gadaiemas

Penulis : kharismaningtyas

Sumber : Kompas TV


TERBARU