> >

Jadi Ajang Silaturahmi, Festival Kue Bulan 'Moon Cake' Digelar di Kelenteng Ban Hin Kiong Manado

Vod | 18 September 2024, 17:54 WIB

MANADO, KOMPAS.TV - Festival Kue Bulan atau "Moon Cake" yang digelar oleh umat Tridharma di Kelenteng Ban Hin Kiong, Kota Manado, Sulawesi Utara, disambut antusias oleh masyarakat.

Kelenteng ini sebagai kelenteng tertua di Manado, mengadakan festival Kue Bulan atau "Moon Cake" setiap tahun pada tanggal 15 bulan delapan dalam penanggalan kalender Tionghoa.

Tahun ini, festival jatuh pada 17 September 2024.

Festival Kue Bulan memiliki sejarah sebagai tradisi masyarakat Tionghoa di berbagai penjuru, termasuk Manado.

Acara ini melambangkan perayaan syukur sembari menikmati bulan purnama.

Seiring berjalannya waktu, festival ini juga menampilkan ragam budaya Indonesia yang indah dan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat.

Festival diawali dengan ritual sembahyang umat Tridharma pada pagi hari. Pada malam harinya, umat Tridharma berkumpul bersama keluarga dan kerabat untuk menikmati kue bulan.

Para pengunjung dapat membeli kue bulan di area kelenteng, di mana tersedia berbagai jenis kue, baik yang impor maupun buatan lokal. Pembelian ini juga menjadi wadah untuk beramal.

Selain itu, Festival Kue Bulan dirayakan bersamaan dengan "Ban Hin Kiong Food Festival," yang terbuka untuk masyarakat umum.

Food Festival ini digelar hingga 19 September mendatang, di mana pengunjung dapat menikmati berbagai kios makanan dan minuman yang menarik.

Baca Juga: Meriahkan Festival Kota Lama, Siswa SMA Tampilkan Tembang Jawa

#festival #kuebulan #mooncake #tionghoa

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU