> >

Prediksi Kabinet Prabowo-Gibran Bakal Gemuk, Pengamat: Kabinet Akomodasi Banyak Kepentingan

Vod | 11 September 2024, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden terpilih Prabowo Subianto akan membentuk kabinet yang diisi oleh profesional di bidangnya atau yang dikenal sebagai Kabinet Zaken.

Politisi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu mengatakan bahwa komposisi kabinet seharusnya diisi oleh profesional, baik dari kalangan partai politik maupun non-partai.

Selain berintegritas dan anti-korupsi, Masinton juga meminta agar menteri di kabinet Prabowo bekerja sepenuh hati, bukan dengan gimmick.

Menurutnya, gimmick tidak menyelesaikan masalah dan hanya menciptakan citra semu.

Pengamat politik Ujang Komarudin memperkirakan bahwa kabinet Prabowo-Gibran akan gemuk.

Ia memprediksi Prabowo akan mengakomodasi berbagai kepentingan, termasuk partai politik koalisi, tim sukses, serta kalangan ahli dan profesional. Kombinasi dari berbagai elemen tersebut akan mempengaruhi postur kabinet.

Sebelumnya, presiden terpilih yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sempat membocorkan beberapa nama yang akan mengisi kabinet pemerintahannya mendatang.

Saat Rapimnas Partai Gerindra, Prabowo meminta izin kepada Jokowi agar sebagian di antaranya kembali bertugas di Kabinet Prabowo-Gibran.

Menjelang pelantikan sebagai presiden terpilih, Prabowo Subianto mengadakan rapat di Hambalang untuk membahas rancangan kabinet.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati menyebutkan bahwa pemanggilan sejumlah tokoh ke Hambalang adalah untuk finalisasi rancangan struktur kabinet Prabowo-Gibran.

Selain koalisi Indonesia Maju, Prabowo-Gibran juga membuka pintu bagi partai politik lain yang ingin bergabung di pemerintahan mendatang.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, sempat memberi bocoran soal empat sosok menteri di kabinet Prabowo-Gibran.

Menurut Hashim, beberapa nama yang mengisi kursi menteri kabinet Prabowo-Gibran berasal dari SMA Taruna Nusantara. Namun, Hashim enggan membocorkan siapa saja sosok yang dimaksud.

Baca Juga: Marten Taha Resmi Dicopot Dari Ketua DPD Golkar Kota Gorontalo Buntut Pencalonannya Dalam Pilgub

#prabowo #menteri #pemerintahan

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU