> >

13 Tahun KompasTV, Inilah 13 Rangkaian Produksi Berita Hingga Tayang di Layar KompasTV

Vod | 10 September 2024, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di momen Hari Ulang Tahun ke-13, Kompas TV mengajak Anda untuk melihat proses pembuatan, pengolahan hingga penayangan berita kami.

Pertama, tim kami memeriksa proyeksi liputan dan titik lokasi hari ini untuk memastikan berita yang dipilih adalah peristiwa dan agenda yang akan ditayangkan.

Agar berita yang disajikan lebih komprehensif, kami melakukan riset terlebih dahulu, terutama untuk peristiwa atau kasus yang memerlukan penelitian mendalam.

Koordinasi juga dilakukan baik dengan sesama produser yang akan membuat materi berita maupun dengan para koordinator liputan untuk memastikan berita dapat tayang sesuai jadwal.

Selanjutnya, kami memeriksa tim liputan yang akan terjun ke lapangan, memastikan semua tim dan peralatan live siap untuk mendukung laporan langsung dari lokasi.

Setelah mengetahui materi liputan, kami mencari referensi tambahan untuk memperdalam pengetahuan terkait topik seperti politik, hukum, sosial, dan budaya.

Kegiatan jurnalistik dilakukan sesuai dengan kode etik yang berlaku, meliput peristiwa secara objektif dan berpegang pada kebenaran serta kepentingan masyarakat.

Untuk memperkuat naskah dan berita, kami mewawancarai narasumber yang kompeten di bidangnya, termasuk ahli dan orang-orang terkait dengan peristiwa yang diliput.

Hasil gambar dari tim liputan di lapangan diperiksa untuk memastikan kesesuaiannya dengan kebutuhan, termasuk gambar detail yang memperkaya paket berita.

Hasil liputan kemudian diolah oleh para produser pemangku program, dengan berita ditulis sesuai fakta tanpa tambahan opini yang bisa memengaruhi penonton.

Sebelum tayang, kami memeriksa kembali hasil liputan, termasuk naskah dan gambar, untuk memastikan semuanya sesuai, terutama dalam hal isi berita, urutan kutipan, dan kelayakan gambar.

Setelah proses editing selesai dan berita dinyatakan layak, berita siap ditayangkan di layar Kompas TV. 

Penulis : Shinta-Milenia

Sumber : Kompas TV


TERBARU