> >

Mengunjungi Taman Kupu-Kupu Gita Persada, Ada Puluhan Ribu Spesies Kupu!

Jelajah indonesia | 26 Juni 2020, 10:00 WIB
Taman Kupu-kupu Gita Persada (Sumber: Rach Alida Bahaweres)

Penulis: Rach Alida Bahaweres

KOMPAS.TV - Tertarik dengan kupu-kupu? Taman Kupu-kupu Gita Persada yang terletak di Lampung bisa menjadi pilihan.

Jumlah spesies kupu-kupu di taman ini kurang dari 28 ribu spesies dan 80 persen berada di daerah tropis. Namun, setiap kawasan memiliki spesies kupu-kupu yang berbeda-beda. 

Taman Kupu-kupu Gita Persada ini awalnya tertutup oleh umum. Namun, kini bisa dikunjungi dengan membayar uang masuk Rp10 ribu.

Baca Juga: Menyibak Pesona Teluk Lampung

Tempat yang didirikan oleh Herawati Soekardi, bermula dari kecintaannya terhadap kupu-kupu pada 1997. Herawati mengamati, meneliti, mengawetkan, dan mengkonservasi kupu-kupu, dan membuatnya meraih gelar doktor pertama di bidang kupu-kupu. 

Pada 1999, taman kupu-kupu akhirnya dibangun di Desa Alo, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Lampung.

Di taman ini, pengunjung bisa melihat langsung kupu-kupu yang dikembangbiakkan. Mulai dari hidup dari telur, berubah menjadi ulat, dan berkembang menjadi kepompong. Setelah menjadi kepompong, maka akan ada perubahan menjadi kupu-kupu yang indah. 

Taman Kupu-kupu Gita Persada (Sumber: Rach Alida Bahaweres)

Tentunya, pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang indah dan asri serta kupu-kupu berwarna-warni yang dikembangkan di taman ini.

Adapun siklus hidup kupu-kupu dimulai pada pagi hari tepatnya pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00. Sedangkan di sore hari, kupu-kupu beristirahat.

Penulis : Desy-Hartini

Sumber : Kompas TV


TERBARU