> >

Zuckerberg Perkenalkan Orion, Kacamata AR Ringkas Meta yang Tantang Apple Vision Pro

Teknologi | 27 September 2024, 10:54 WIB
Kacamata terbaru dari Meta, induk Facebook, bernama Orion, diperkenalkan Mark Zuckerberg, Kamis (26/9/2024) kemarin. Perangkat ini merupakan kacamata AR yang berteknologi AI. (Sumber: Meta)

CALIFORNIA, KOMPAS.TV - Meta, perusahaan induk Facebook, memperkenalkan prototipe kacamata augmented reality (AR) bernama Orion di kantor pusatnya di Menlo Park, California, Kamis (26/9/2024) waktu setempat.

Kacamata ini disebut sebgai langkah signifikan untuk mengembangkan teknologi komputasi yang dapat dikenakan dengan ringkas dan nyaman.

Orion dirancang sebagai komputer yang dikenakan di wajah, dilengkapi dengan layar canggih yang menggunakan proyektor Micro LED dan lensa silikon karbida.

Teknologi ini memungkinkan pengguna melihat informasi digital yang ditampilkan di atas dunia nyata dengan bidang pandang 70 derajat, lebih luas dibandingkan kacamata AR lainnya yang ada saat ini.

Dikutip dari rilis Meta, perangkat ini terdiri dari tiga komponen: kacamata, gelang saraf untuk kontrol, dan unit komputasi nirkabel. Dengan berat 98 gram, Orion lebih ringan dari headset realitas virtual, tetapi tetap lebih berat dari kacamata biasa.

"Kami memanfaatkan prinsip desain yang berpusat pada manusia untuk membuat kacamata AR tercanggih dalam bentuk yang sangat ramping." 

Dalam demonstrasi yang dilakukan, Orion menunjukkan berbagai kemampuan mengesankan.

Kacamata ini mampu mengidentifikasi objek menggunakan AI, memungkinkan permainan AR interaktif, dan bahkan melakukan panggilan video.

Baca Juga: Nyeleneh! Gaya Mark Zuckerberg Rayakan HUT Amerika, Pegang Bendera Sambil Berselancar

CEO Meta Mark Zuckerberg menyatakan bahwa kacamata AR seperti Orion adalah bagian krusial dari visi perusahaan tentang masa depan komputasi.

Penulis : Danang Suryo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU