> >

Ada Gerhana Matahari Cincin 2 Oktober 2024, Mana Saja Wilayah yang Bisa Melihatnya?

Sains | 27 September 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi gerhana Matahari cincin (Sumber: Tribunnews)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada bulan Oktober 2024 akan ada fenomena astronomi, salah satunya Gerhana Matahari cincin.

Gerhana Matahari cincin merupakan fenomena astronomi ketika Bulan melewati antara Matahari dan Bumi dan berada dekat dengan titik terjauhnya dari Bumi.

Gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan melintas tepat di antara Bumi dan Matahari, tetapi tidak sepenuhnya menutupi piringan Matahari.

Saat fenomena astronomi ini terjadi, Bulan tidak sepenuhnya menutupi Matahari dan menciptakan sesuatu yang tampak seperti cincin api di langit.

Baca Juga: Langsung Gelap! Detik-Detik Gerhana Matahari Total Terjadi di Texas

Apakah Gerhana Matahari Cincin Oktober 2024 Bisa Dilihat di Indonesia?

Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada 2-3 Oktober 2024. Bulan akan melintas di depan Matahari dan menimbulkan bayangannya di seluruh wilayah Bumi.

Melansir science.nasa.gov, gerhana matahari cincin akan terlihat di sebagian Amerika Selatan, dan gerhana sebagian akan terlihat di sebagian Amerika Selatan, Antartika, Amerika Utara, Samudera Atlantik, dan Samudera Pasifik, termasuk Hawaii.

Fenomena Astronomi Oktober 2024

1. Hujan Meteor Draconid

Pada 2024, hujan meteor akan mencapai puncaknya saat Bulan purnama 29 persen, sehingga cahaya Bulan akan memberikan gangguan yang minimal.  Waktu terbaik untuk menyaksikan hujan meteor Draconid adalah saat sore hari pada Selasa (8/10/2024).

2. Supermoon

Penulis : Dian Nita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU