> >

Doa Keluar Rumah

Beranda islami | 16 April 2020, 23:23 WIB
Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian membaca doa ini maka disampaikan kepadanya petunjuk, dicukupi kebutuhannya dan dilindungi. (foto: agung pribadi)

Doa ini sangatlah pendek, mudah diucapkan, namun memiliki keistimewaan yang besar, hanya dengan membaca doa ini, kita bisa mendapatkan jaminan keamanan, perlindungan dan kecukupan dari Allah saat keluar rumah.

Bismillahi, Tawakkaltu ’Ala Allah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini,

Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa ini, maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

Sebagai seorang hamba hendaklah selalu merasa butuh dengan Rabbnya dan janganlah ia berlepas diri dariNYA walaupun hanya sedetik saja. Allah adalah sebaik-baik penjaga, penolong dan pemberi petunjuk.

Seorang hamba tidaklah mungkin dapat menyelesaikan kebutuhannya tanpa menyerahkan segalanya pada Allah. Itulah mengapa, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita doa ini.

Doa yang cukup mudah dihafalkan bukan? Yuk kita amalkan 
 

Penulis : Agung-Pribadi

Sumber : Kompas TV


TERBARU