> >

Menjaga Amanah - SAHUR TIME

Beranda islami | 22 April 2021, 02:05 WIB

Allah SWT dan Rasul-Nya telah memberikan perintah kepada setiap Muslim untuk menunaikan amanah.

Amanah adalah sifat mulia, sehingga tidak ada artinya jika kaum Muslimin kehilangan sifat mulia tersebut.

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, lalu dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zhalim dan amat bodoh.” (Surat Al-Ahzab ayat 72).

Allah telah memberikan perintah kepada umat Muslim untuk menunaikan amanah, menjelaskan akibat buruk mengabaikan dan melalaikan amanah. Penyebab utama seseorang terjerumus ke dalam kemaksiatan adalah karena kejahilan (kebodohan).

Kebodohan seorang Muslim terhadap pentingnya masalah amanah, telah membuatnya meninggalkan perintah Allah yang sangat agung ini, sekaligus telah bermaksiat. Bahkan dapat menjadi dosa besar, jika seseorang yang telah mengetahui hukumnya, tetapi justru menyia-nyiakan amanah.

Lawan dari amanah adalah khianat. Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul, dan janganlah kalian mengkhianati amanah kalian sedang kalian mengetahui.” (QS: Al-Anfal: 27).

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (Surat At-Tahrim ayat 6).

Wallahu'alam bis shawab.

Penulis : Luthfan

Sumber : Kompas TV


TERBARU