> >

Bawaslu Kota Yogyakarta Jadwalkan Undang Seluruh Lurah pada Awal November 2024

Jawa tengah dan diy | 28 Oktober 2024, 23:49 WIB
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (Sumber: Istimewa)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Yogyakarta menjadwalkan mengundang seluruh lurah, kapolsek, hingga Danramil pada awal November.

Koordniantor Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Yogyakarta, Siti Nurhayati menyampaikan hal itu, Senin (28/10/2024).

Ia menyebut, pihaknya melakukan sosialisasi netralitas ASN dan TNI/Polri dalam dua tahapan.

Pertama, pihaknya telah mengundang seluruh mantri pamong praja (MPP) atau camat serta seluruh kepala OPD Kota Yogyakarta agar dapat tersampaikan ke jajaran masing-masing.

Baca Juga: Persiapan Pilkada, Camat dan Lurah se-Kota Malang Dikumpulkan

“Kedua, awal November ini kami mengundang seluruh Lurah, Kapolsek dan Danramil se-Kota Yogyakarta dengan pola yang sama, sehingga diharapkan dapat menyampaikan ke jajaran masing-masing secara terstruktur,” jelasnya melalui pesan Whatsap kepada Kompas.TV.

Pelaksanaan sosialisasi tersebut, lanjut Nurhayati, bukan hanya dilaksanakan oleh Bawaslu Kota Yogyakarta, tetapi juga panwaslucam se-kota Yogyakarta untuk jajaran ASN di lingkup kemantren atau kecamatan.

Saat ditanya mengenai temuan dugaan pelanggaran hingga sebulan menjelang pelaksanaan Pilkada Yogyakarta 2024, ia menyebut belum ada temuan dugaan pelanggaran.

Hal itu, menurutnya, sesuai pernyataan Jantan Putra Bangsa, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Yogyakarta.

Terpisah, Ketua Panwascam Kecamatan Jetis, Bertinus Sijabat menyebut pihaknya melakukan sosialisiai netralitas ASN dan TNI/Polri sebagai upaya pencegahan terjadinya dugaan pelanggaran yang kemungkinan bisa dilakukan oleh ASN, TNI, dan Polri.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU