> >

Dinas Sosial Evakuasi ODGJ di Blitar, Kaki Dipasung Keluarga Selama 30 Tahun

Jawa timur | 25 Oktober 2024, 13:54 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Seorang pria di Blitar yang puluhan tahun dipasung oleh keluarganya akhirnya dibebaskan oleh petugas Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

Pria itu dievakuasi untuk dibawa ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan medis khusus.

Darmaji, warga Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur ini hampir sepanjang hidupnya, hari-harinya dihabiskan di dalam ruangan yang pengap dan kotor di belakang rumah.

Ia pun hanya bisa duduk karena kedua kaki dan tangannya terbelenggu oleh rantai yang sudah berkarat dan terikat di salah satu sudut lantai.

Miris, karena segala kegiatan, dari makan, tidur, hingga buang air, ia lakukan di tempat itu. Kondisi ini sangat tidak manusiawi.

Keluarganya memasung Darmaji sejak 30 tahun yang lalu dengan alasan karena Darmaji mengalami gangguan jiwa. Dahulu, Darmaji kerap kabur dari rumah dan mengamuk.

Merasa tak sanggup mengawasinya, keluarga lalu memasung Darmaji hingga 30 tahun lamanya. Kondisi tubuh Darmaji pun berangsur-angsur makin memburuk.

Usai mendapatkan informasi tentang keberadaan Darmaji, petugas Dinas Sosial langsung datang dan menjemputnya. Petugas yakin Darmaji bisa dilatih menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga: [FULL] Sukarelawan Gambarkan Situasi di Gaza Usai Israel Serang RS Indonesia dan Tempat Pengungsian

#odgj #evakuasiodgj #odgjdipasung #dinassosial #dinsos #blitar

Penulis : Tesalonika-Ajeng

Sumber : Kompas TV


TERBARU