> >

BMKG Imbau Warga Bogor untuk Waspada Perubahan Cuaca

Jabodetabek | 22 Oktober 2024, 20:14 WIB
Foto ilustrasi. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Klimatologi Jawa Barat memperkirakan Kota Bogor akan mengalami hujan ringan hingga sedang pada sore hari selama sepekan ke depan. 

Meski tidak ada tanda-tanda cuaca ekstrem, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan perubahan cuaca yang dapat terjadi secara mendadak.

Menurut Forecaster on duty Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Perdana R A Usoir, tidak ada sinyal cuaca signifikan yang terdeteksi dari beberapa model cuaca yang digunakan. 

Selama beberapa hari terakhir, cuaca di Kota Bogor relatif cerah.

Perdana menjelaskan, hal ini disebabkan oleh gangguan atmosfer yang kurang signifikan, seperti kondisi labilitas udara yang stabil hingga lemah, serta ketidakaktifan gelombang atmosfer seperti MJO, Gelombang Kelvin, dan Rossby.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, BMKG Sebut 25 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat-Angin Kencang pada Akhir Oktober 2024

Faktor-faktor ini berkontribusi pada kondisi cuaca yang cerah dan berawan di wilayah Kota Bogor.

“Dari beberapa pemodelan cuaca yang kami gunakan tidak ada sinyal cuaca signifikan atau ekstrem, namun kami imbau untuk tetap waspada untuk cuaca yang dapat berubah sewaktu-waktu dengan cepat,” kata Perdana di Kota Bogor, Selasa.

“Ini yang membuat cuaca di beberapa hari kemarin relatif baik atau cerah hingga berawan saja di wilayah Kota Bogor dan sekitarnya,” katanya menjelaskan.

Meski demikian, Perdana tetap meminta masyarakat untuk waspada dan melakukan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem. 

Penulis : Kiki Luqman Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU