> >

Anak Muda Calon Pekerja KIT Batang Ikuti Pelatihan Design Grafis

Jawa tengah dan diy | 22 Oktober 2024, 12:46 WIB

BATANG, KOMPAS TV - Saat ini banyak angkatan kerja yang kurang memiliki kompetensi sehingga sulit bersaing mengisi pasar kerja. Oleh karena itu, perlu diberikan kemampuan tambahan agar mereka mampu menembus peluang kerja.

Salah satu upaya yaitu pelatihan printing untuk anak muda di Batang, Jawa Tengah ini. Mereka diberikan pelatihan kemampuan agar bisa menguasai dengan baik teknologi digital dan teknik desain dengan kualitas internasional.

Baca Juga: Cerita Menteri HAM Natalius Pigai Jadi Juru Parkir hingga Masuk Kabinet Merah Putih Prabowo

Pelatihan kali ini dilakukan oleh pengelola Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang bekerja sama dengan profesional.

Program kali ini diikuti sebanyak 50 peserta yang diutamakan dari daerah sekitar KITB. Mereka akan disalurkan menjadi tenaga kerja di Kawasan Industri Batang dan diharapkan mampu membantu perekonomian keluarga dan meningkatkan kesejahteraannya.

“Pelatihan ini tidak hanya mendorong pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. Tetapi, juga memperkuat penyelarasan diantara kebutuhan tenaga kerja tenant, dengan potensi skill yang dimiliki oleh masyarakat sekitar,” jelas M. Burhan Murtaki, Kepala Divisi Corporate Sekretariat KIT Batang.

“KITB sebagai kawasan industri jauh, selalu menghadirkan solusi yang berkelanjutan dengan mengintegrasikan kesejahteraan komunitas lokal dengan pertumbuhan ekonomi, serta tetap menjaga kesejahteraan lingkungan,” tambahnya.

Pelatihan ini disambut baik oleh peserta, karena bisa menambah kemampuan dan kesempatan kerja. Mereka berharap agar bisa segera bekerja dan membantu keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Kapan Pengumuman Lolos SKD CPNS 2024? Ini Jadwal, Cara Cek, dan Syarat Lolosnya

“Mengikuti pelatihan printing yang diadakan dari KITB, bagi saya yang masih muda sangat bermanfaat karena bisa menambah skill. Terutama untuk pengalaman dan portofolio melamar kerja,” ujar Rozi, peserta pelatihan.

Diharapkan, angkatan kerja daerah bisa mendapatkan pekerjaan dan mengurangi ribuan orang yang masih menjadi pengangguran. Dengan lapangan pekerjaan yang terbatas, pelatihan dan penyaluran tenaga kerja ini diharapkan bisa mengurangi pengangguran.

#kitb #batang #pelatihan

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU