> >

Jalan di Muharto Malang Ambles Setelah Diguyur Hujan Deras!

Jawa timur | 21 Oktober 2024, 18:59 WIB

MALANG, KOMPAS.TV - Jalan yang ambles ini terjadi di Jalan Raya Muharto Kota Malang. Jalan berlubang berukuran sekitar 7×2 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Menurut warga, sebelum ambles pada Senin (21/10/2024) pagi, jalan tersebut sudah terlihat tanda tanda saat hujan deras mengguyur kawasan tersebut.

Sebelum ambles, aspal terlihat mulai retak dan pecah-pecah. Diperkirakan, gorong-gorong tak sanggup menahan aliran air, dan kemudian pecah hingga menyebabkan jalan ambles.

"Deras sekali kemarin, ini retak habis itu, ini kayak bak njeglong, air itu muter tadi pagi ambrol langsung," Kata Jupri.

Kepala DPUPRKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto menjelaskan,  dibawah jalan yang ambles tersebut terdapat saluran drainase atau gorong-gorong yang sudah lama, yang menjadi salah satu penyebab jalan ambles. Setelah amblesnya jalan ini, pihaknya mengganti saluran air tersebut dengan saluran air dengan tulangan besi.

"Ini memang drainase lama yang kemungkinan juga karena beban ya, beban kendaraan, usia juga kemudian juga kita lihat ini bis beton lama tidak ada tulangan," Terang Dandung.

Akibat amblesnya jalan tersebut, lalu lintas di kawasan Muharto sempat tersendat karena jalan yang ambles memakan separuh badan jalan.

 

Penulis : KompasTV-Malang

Sumber : Kompas TV


TERBARU