> >

Rute Kepulangan Jokowi di Solo Hari Ini, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Boyolali hingga Karanganyar

Jawa tengah dan diy | 20 Oktober 2024, 09:33 WIB
Presiden Joko WIdodo akan pulang ke solo sore ini, Minggu (20/10/2024) usai purnatugas sebagai Presiden RI (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan pulang ke Solo, Jawa Tengah, usai masa jabatannya sebagai Presiden RI berakhir hari ini, Minggu (20/10/2024).

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi mengatakan pada Jumat (18/10/2024), Jokowi akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, menuju Solo pada pukul 15.00 WIB.

Kendati demikian, Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana menyebut, Kemensetneg telah mempersiapkan beberapa mobil untuk perjalanan Jokowi, salah satunya jenis Toyota Alphard bernomor polisi AD 1 JKW berwarna hitam bila nantinya Jokowi memilih untuk pulang ke Solo via jalur darat.

Rute Kepulangan Jokowi ke Solo

Relawan Pro Jokowi (Projo) bahkan merencanakan arak-arakan meriah untuk menyambutnya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, hingga tiba di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Baca Juga: Gibran Tiba di Gedung MPR, Bakal Dilantik Jadi Wakil Presiden

"Rute penyambutan akan melewati Boyolali, Karanganyar, dan Solo, dengan acara hiburan di berbagai titik," jelas Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solo, Dhoni Widanto, dikutip dari Kompas.com.

Dhoni juga menjelaskan bahwa prosesi penyambutan akan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh lintas agama, ASN, dan siswa sekolah. 

Rekayasa Lalu Lintas

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Sonny Irawan menjelaskan, rekayasa lalu lintas akan dimulai dari Simpang Empat Bandara Adi Sumarmo di Boyolali.

"Di mana arus kendaraan dari Jalan Nogosari akan dialihkan sementara saat rombongan keluar dari bandara," kata Sonny dalam keterangannya, Minggu.

Selanjutnya, pengalihan arus lalu lintas sementara juga akan diberlakukan di Simpang Empat Gejikan, termasuk jalur dari arah Asrama Haji Donohudan dan Waduk Cengklik.

Penulis : Dian Nita Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU