> >

Ada Pelantikan Presiden 20 Oktober 2024, Car Free Day Jakarta Ditiadakan

Jabodetabek | 18 Oktober 2024, 08:48 WIB
Arsip foto Bakal capres cawapres KIM, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di KPU untuk daftar sebagai peserta Pilpres 2024, Rabu (25/10/2023). (Sumber: Tribunnews/Mario Sumampow)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengumumkan bahwa Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada Minggu (20/10/2024) mendatang ditiadakan.

Melansir akun Instagram @dishubdkijakarta, peniadaan CFD Jakarta pada 20 Oktober 2024 berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan bersifat nasional.

“Dalam rangka penyelenggaraan kegiatan bersifat nasional, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Minggu 20, Oktober 2024 DITIADAKAN,” tulis keterangan instagram tersebut. 

Peniadaan CFD juga sesuai Pasal 5 ayat (1) Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan HBKB. Disebutkan HBKB bisa dibatalkan jika waktunya bersamaan dengan kegiatan/event yang bersifat khusus.

Sebagai informasi, Pelantikan Presiden serta Wakil Presiden 2024-2029 di Istana Merdeka akan diselengarakan pada 20 Oktober 2024 di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Akibat Rob Rendam Rumah, Warga di Kota Padang Evakuasi Barang Berharga

Pemerintah Kota Jakarta Pusat akan menyemarakkan pelantikan presiden dan wakil presiden dengan kirab bendera serta panggung hiburan bagi masyarakat.

"Diperkirakan massa dari Jakarta Pusat sama pada saat kirab bendera dari tiap kelurahan pada Agustus lalu," kata Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekretariat Kota Jakarta Pusat Denny Ramdany di Jakarta, Kamis (17/10), dikutip dari Antara.

Menurut dia, ada sembilan lokasi panggung yang disiapkan. "Jakarta Pusat kebagian dua titik. Pertama, di Sarinah dan titik kedua Bundaran HI," katanya.

Denny menyebutkan, nantinya presiden terpilih akan berangkat dari Kartanegara sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat akan memastikan titik-titik yang ada di Jakarta Pusat.

Penulis : Dian Nita Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU