> >

Jokowi Resmikan Gedung Creative Hub Anak Muda Aceh

Sumatra | 17 Oktober 2024, 13:56 WIB

ACEH BESAR, KOMPAS.TV - Dalam kunjungan kerjanya ke Aceh, Presiden Joko Widodo meresmikan gedung Anak Muda Aceh Unggul Hebat atau Amanah Youth Creative Hub di komplek Kawasan Industri Aceh, Kia Ladong, kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. 

Gedung ini dibangun atas insiasi Badan Intelijen Negara untuk anak muda Aceh yang mulai mengembangkan usaha di industri ekonomi kreatif. 

Kehadiran Jokowi ke Aceh turut didamping oleh kepala BIN, Budi Gunawan, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri dan Panglima TNI serta Wali Naggroe Aceh beserta PJ Gubernur Aceh. 

Ada beberapa usaha industri ekonomi kreatif yang dikelola anak muda aceh, mulai dari fashion, alat kesehatan, green house, produk makanan dan minuman unggulan, UMKM, kerajinan tangan kriya,  pengolahan komoditi nilam dan kopi Aceh, pengembangan produk pertanian dan perkebunan serta usaha dari bidang multimedia seperti fotografi, musik hingga studio konten kreatif lainnya. 

Hasil produk dari industri kreatif yang dikembangkan anak muda Aceh ini dinilai Jokowi sangat berkelas, bahkan mampu menyeimbangi usaha kreatif setara nasional. Apalagi desain kemasan produk yang dipilih sangat otentik keacehannya, sehingga bisa menambah nilai jual produk itu.

Tak hanya itu, Amanah Youth Creative Hub ini juga memiliki sejumlah fasilitas seperti ruang seminar, laboratorium, hingga kafe, semuanya di desain dengan sentuhan teknologi modern. 

Saat ini amanah telah memiliki 20.256 anggota dari seluruh Aceh. Mereka diberi pelatihan hingga permodalan agar terus konsisten mengembangkan usaha dibidang industri ekonomi kreatif sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan semakin luas.

Selain meresmikan gedung Amanah Youth Creative Hub, Jokowi juga meresmikan 24 ruas jalan yang menjadi bagian dari instruksi Presiden jalan daerah atau IJD di Provinsi Aceh.

Penulis : KompasTV-Aceh

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU