> >

Wilayah Timur dan Selatan Aceh Masih Berpotensi Hujan

Sumatra | 17 Oktober 2024, 13:57 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Pengamat Meteorologi Klimatologi Madya BMKG stasiun Meteorologi kelas 1 Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, menyebut kondisi Aceh saat ini masih berada di peralihan musim kemarau ke musim penghujan. Akibatnya beberapa daerah di Aceh seperti wilayah timur dan barat selatan Aceh masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat khususnya dalam tiga hari kedepan.

Sementara itu, juga terpantau bibit siklon tropis 93s di samudera hindia baratdaya sumatera dengan kecepatan angin maksimum 2o knots yang bergerak ke arah barat hingga baratdaya menjauhi wilayah Indonesia, namun hanya berdampak pada wilayah perairan saja, namun berpotensi menyebabkan gangguan cuaca berupa hujan sedang hingga lebat, angin kencang hingga gelombang tinggi perairan.

Menurut Erida, akibat curah hujan di masa peralihan ini, masyarakat tetap waspada dan memantau perkembangan cuaca dari BMKG. Khususnya masyarakat yang wilayahnya sering terdampak banjir dan tanah longsor karena selain curah hujan, bencana Hidrometeorologi juga dapat disebabkan oleh topografi di wilayah tersebut.

Penulis : KompasTV-Aceh

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU