> >

Selamatkan KA dari Rel Putus, Mbah Jamin dan Mbah Sarmo Terima Penghargaan

Jawa tengah dan diy | 14 Oktober 2024, 15:03 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dua orang lansia warga Kabupaten Blora yakni Mbah Jamin dan Mbah Sarmo, yang berhasil menghentikan kereta api dari ancaman rel putus, di jalur hulu km 57 plus 1, yang terletak di petak jalan antara Stasiun Doplang dan Stasiun Randublatung Kabupaten Blora.

Aksi heroik menyelamatkan perjalanan KA 132A Darmawangsa yang dilakukan oleh Mbah Jamin dan Mbah Sarmo tersebut diapresiasi oleh PT KAI DAOP IV Semarang. Kepala KAI DAOP IV Semarang, Daniel Johannes Hutabarat mengaku terharu atas kepedulian kedua warga ini Mbah Jamin dan Mbah Sarmo.

Keduanya berhasil memberi isyarat kepada masinis sehingga kereta berhenti sebelum melintas rel putus. Ada sekitar 800 penumpang terselamatkan dari ancaman rel putus tersebut.

“Pada saat itu berhenti pada titik putusnya, jadi benar benar bermanfaat pada perjalanan kereta api. Pada saat itu kereta kita ada sekitar 800 penumpang,” jelas Daniel Johannes Hutabarat.

“Saya merasa kok rel itu putus, terus saya naruh sepeda saya, saya panggil adik saya, saya ngomong, ada rel putus. Adik saya suruh nunggu di rel putus saya pergi ke arah barat, terus ada kereta lewat, saya coba untuk menghentikan kereta sambil nunjuk kalau ada rel putus,” ujar Mbah Jamin.

Daniel berharap apa yang dilakukan Mbah Jamin dan Mbah Sarmo bisa menjadi contoh. Kepedulian mereka sangat berharga dalam mencegah potensi bahaya yang dapat mengganggu perjalanan kereta api.

 

#ptkai #relputus #blora

 

Penulis : KompasTV-Jateng

Sumber : Kompas TV


TERBARU