> >

Kini Kab. Bandung Punya Pusat Pelatihan Atletik Berstandar Internasional di Pangalengan

Jawa barat | 10 Oktober 2024, 15:35 WIB

KAB,BANDUNG. KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo meresmikan training center atau Pusat Pelatihan Atletik Pangalengan (PPAP) berstandar internasional, di Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (10/10/2024).

Saat peresmian, Menpora didampingi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Panjaitan.

Ketum PB PASI menyebut PPAP ini dibangun di atas lahan 10 hektare milik PTPN, letaknya di ketinggian 1.500 di atas permukaan laut.

"Saat saya menjadi Ketum PB PASI, keinginan berdirinya pusat pelatihan atletik ini terhadang pandemi Covid. Tapi di benak saya dari dulu memang harus ada pusat pelatihan. Tanpa pusat pelatihan yang bagus, tidak mungkin kita melahirkan prestasi yang bagus," kata Luhut.

Setelah disetujui Presiden Joko Widodo, PPAP itu sudah dirancang dan dibangun sampai tiga tahun. Sebelumnya PB PASI masih bergantung pada Stadion Madya di Sumatera Utara, yang polusi udaranya sudah jelek.

 

"Tapi, saya terus terang agak kecewa karena pengda-pengda itu menurut saya kurang membuat event kejuaraan. Padahal kita siapkan dananya  Rp100 juta tiap satu event total Rp9 miliar per tahun," tukas Menko.

"Kalau kita membina event yang rutin, saya yakin prestasi di bawah 10 detik untuk 100 meter itu pasti bisa kita dapat," imbuhnya.

PPAP ini dilengkapi fasilitas asrama, tempat gym, ada air panas, makan, tempat tidur, laundry yang bagus jadi kita bangun ekosistem.

"Jadi, tidak ada alasan kita tidak bisa melahirkan atlet atletik berkelas internasional, karena kita sudah punya Pusat Pelatihan Atletik berstandari internasional ini," ucap Luhut.

Menurutnya, PASI punya prestasi yang tertinggi sepanjang sejarah pemecah 19 rekor PON dan sudah bertahan belasan tahun belum pernah dipecahkan.

Penulis : KompasTV-Bandung

Sumber : Kompas TV


TERBARU