> >

Panglimata Resmi Jabat Ketua DPW MAKN 2024

Sulawesi | 9 Oktober 2024, 19:24 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Ketua umum majelis adat kerajaan nusantara, yang mulia kanjeng pangeran haryo eddy s wirhabumi, melantik ketua dpd makn sulawesi selatan, andi bau muhammad mappanyukki sebagai ketua dpd makn 2024-2029 menggantikan andi ina kartika sari.

Mayjen TNI (purn) andi bau muhammad mappanyukki, yang dikenal sebagai panglima ta’ berjanji akan menegakkan kembali adat istiadat di sulawesi selatan, bersama para keturunan raja se sulawesi selatan, serta membantu pemerintah dalam pembangunan serta menjaga marwah adat dan budaya sulawesi selatan.

Kesultanan nusantara yang hadir dalam pelantikan ini juga diharapkan mampu mempertahankan pelestarian adat istiadat nusantara, dengan bersinergi bersama pemerintah dan menjaga silaturrahim dan nilai nilai adat istiadat daerah masing masing.

Ketua dpp makn yang mulia kanjeng pangeran haryo eddy s wirhabumi mengungkapkan bahwa pelantikan ini, melalui proses yang panjang dan ini adalah bentuk dari cikal bakalnya dari perjuangan para leluhur se nusantara, yang melahirkan perjuangan kemerdekaan bangsa ini.

Sultan kesultanan kepaksian sekala brak, brigjen pol (purn) edward syah pernong, yang juga hadir, menambahkan bahwa m-a-k-n merupakan wadah yang dibentuk oleh para raja, untuk menjaga hubungan silaturahmi dan peran mereka dalam kehidupan bernegara.

Di sela pelantikan, sekretaris daerah provinsi sulawesi selatan (sulsel), jufri rahman jufri rahman mengaku siap bersinergi dalam melestarikan budaya dan adat istiadat yang ada. Ia mengatakan, tujuan hadirnya makn ini sangat mulia, yakni untuk menjaga kelestarian budaya, adat istiadat dan tradisi para leluhur ditengah semakin berkembangnya teknologi dan juga semakin modernnya kehidupan masyarakat.


#majelisadat
#MAKN
#tanahadat

Penulis : KompasTV-Makassar

Sumber : Kompas TV


TERBARU