> >

Terungkap, Pelecehan Seksual di Panti Asuhan di Tangerang Ternyata Sudah Berlangsung Belasan Tahun

Jabodetabek | 9 Oktober 2024, 19:14 WIB
Polisi menampilkan wajah dua tersangka pencabulan di panti asuhan Yayasan Darussalam An-Nur, di Kota Tangerang, bernama Sudirman dan Yusuf dalam konferensi pers, Selasa (8/10/2024). (Sumber: Tribuntangerang.com/Nurmahadi P)

TANGERANG, KOMPAS.TV — Kasus pelecehan seksual atau pencabulan di sebuah panti asuhan di Tangerang ternyata sudah berlangsung selama belasan tahun.

Dean Desvi, salah satu donatur dan orang tua asuh di panti asuhan tersebut, menceritakan bagaimana ia pertama kali mengetahui adanya kasus pelecehan seksual.

Menurutnya, pengaduan awal datang langsung dari anak-anak asuhnya yang menyampaikan keluhan melalui pesan di media sosial.

"Saya pertama kali tahu karena memang ada aduan dari anak asuh saya. Mereka DM Instagram saya untuk mengadu bahwa mereka dilecehkan," kata Dean dalam program Kompas Petang, Rabu (9/10/2024).

Awalnya, Dean tidak langsung memercayai aduan tersebut karena kekhawatiran akan adanya fitnah. Namun, setelah melakukan klarifikasi dan interogasi terhadap beberapa anak, pola yang muncul dari cerita mereka ternyata serupa.

"Setelah saya tabayun, sekali saya datang, langsung korban lima," tambahnya.

Dean mengungkapkan bahwa para korban mengalami pelecehan selama belasan tahun, namun baru berani mengungkap kejadian tersebut belakangan ini. 

"Sudah belasan tahun. Anak-anak yang menjadi korban baru berani mengungkap baru-baru ini karena memang mereka dirawat sejak usia 3 tahun, 5 tahun, 7 tahun," ungkapnya.

"Mereka mungkin tahunya ini bentuk kasih sayang seorang ayah. Karena sebagian anak di sana ada yang tidak disekolahkan, tidak boleh terkontaminasi dengan dunia luar," tutur Dean.

Kecurigaan adanya kasus pelecehan seksual terhadap panti asuhan tersebut hampir tidak pernah muncul sebelumnya. 

Baca Juga: 30 Anak Panti Asuhan jadi Korban Pelecehan Seksual di Tangerang, KPAI Duga Masih Ada 22 Orang Lagi

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU